Peta jalur kereta api Pekanbaru-Kuansing - Sumbari di zaman Belanda dan Jepang yang. ( ktc )

Jadi Lintasan Jalur Kereta Api, Pusat Sudah Suvery di Hulu Kuantan

Selasa,05 Januari 2016 - 11:23:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

 TELUK KUANTAN - Sebagian wilayah Kuansing akan menjadi jalur rel kereta api lintas Sumatera yang digagas oleh pemerintah pusat, untuk mendukung perkembangan perekonomia daerah dan masyarakat. Bahkan sejumlah wilayah Kuansing yang akan menjadi jalur rel kereta api khususnya di kecamatan Hulu Kuantan sudah disurvey oleh pemerintah pusat terutama desa-desa dan kawasan dikecamatan ini yang akan menjadi jalur rel kereta api.

" Sudah dilaksanakan survey, khususnya di kecamatan Hulu Kuantan, "ujar Camat Hulu Kuantan, Yun Hendra, Kamis ( 31/12/2015 ) lalu di Teluk Kuantan.

Dari hasil survey bebernya sebagian menggunakan jalur lintasa rel kereta api yang dulunya digunakan pada zaman Belanda dan Jepang. " Mulai dari Logas, terus ke desa Mudik Ulo, Tanjung Medang, Sungai Pinang, Koto Kombu, Lubuk Ambacang hingga perbatasan Riau dan Sumbar di pintu batu,"ujar Yun Hendra.

Dari hasil survey tersebut ujarnya, bekas jalur rel kereta api zaman Belanda dan Jepang yang disurvey masih ada, lokasi nya, bahkan bekas pondasi rel sebagian juga masih ada, hanya untuk besi rel sudah banyak hilang. Selanjutnya hasil survey tersebut,  sebagian juga sudah berdiri bangunan.

" Ini yang menjadi kendala saat ini, namun tentu akan diganti rugi nantinya oleh pemerintah pusat kalau sudah akan dibangun,"ujarnya.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT