ilustrasi APBD. ( isa )

Senin, Pemkab Agendakan Pidato Pengantar Nota RAPBD 2013

Rabu,12 Desember 2012 - 04:06:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUK KUANTAN - Senin ( 17/12 ) pekan depan, Pemkab Kuansing mengagendakan penyampaian pidato pengantar laporan nota keuangan RAPBD 2013 dihadapan DPRD Kuansing, Penyampaian ini setelah Pemkab dan DPRD menyetujui rancangan kebijakan umum anggaran ( KUAS ) dan prioritas plafond anggaran sementara ( PPAS ) RAPBD 2013.
" KUA-PPAS sudah diteken, karena itu langkah selanjutnya pidato pengantar nota keuangan dan pembahasan bersama komisi yang ada di DPRD,"ujar Sekda Kuansing Drs H Muharman, M.Pd, Rabu ( 12/12 ) pagi di ruang kerjanya.
Pemkab sendiri ujarnya, menargetkan pada 31 Desember mendatang pembahasan RAPBD 2013 bersama DPRD akan tuntas. Namun tentu saja hal ini tergantung dengan DPRD Kuansing sendiri. Target tersebut, karena setelah pengesahan ujarnya, dilanjutkan dengan pengajuan ke Gubernur Riau untuk diverifikasi.

" Dengan demikian pada bulan Januari semua proses tahapan pembahasan RAPBD 2013 menjadi Perda APBD 2013 akan selesai dan dapat digunakan,"ujarnya.
Namun demikian ujarnya agar penggunaan APBD 2013 sesuai target, sejak sekarang ujar Muharman, seluruh pendukung terkait APBD mulai dari pembahasan bersama DPRD hingga pelaksanaan verifikasi di kantor Gubernur Riau terus dipersiapkan oleh tim-tim yang bekerja untuk ini. Dengan demikian, setelah pengesahan oleh DPRD langsung diantarkan ke Gubernur Riau untuk diverifikasi.
" Jadi sejak saat ini , pembahasan pendukung APBD mulai dari Perda dan DPA yang lainnya sudah disiapkan,"ujarnya.
Bahkan ujarnya, pihaknya terus berkomunikasi dengan tim verifikasi di Pemprov Riau mengenai gambaran umum tentang pelaksanaan RAPBD Kuansing 2013, kalau ada masukan dari DPRD perubahannya tidak akan begitu rumit dilaksanakan, karena sejak awal sudah dilakukan persiapan dengan baik. " Kan bisa saja ada perubahan saat dibahas dewan, karena dewan memiliki hak budjet,"ujarnya.
Mengenai besaran belanja dan penerimaan daerah pada APBD 2013 ujarnya sekitar 1,1 Triliun. Sedangkan penerimaan lebih kurang 1 Triliun. Muharman juga menegaskan, belanja langsung ( fisik ) pada RAPBD 2013 juga lebih besar daripada belanja tak langsung ( belanja pegawai ). ( isa  )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Ekonomi

Bupati Resmikan SPBU Milik Putera Pangean

Senin,11 Februari 2013
Ekonomi

Lahan Tol Pekanbaru-Dumai Tinggal Proses Bayar

Selasa,08 Oktober 2013