Pasar Tradisional akan Dilengkapi Fasilitas Parkir Modern serta Pengolahan Limbah

Pasar Tradisional akan Dilengkapi Fasilitas Parkir Modern serta Pengolahan Limbah
Pasar Tradisional Berbasis Modern. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang ( CKTR ) Kuansing akan melengkapi fasilitas pasar tradisional dengan manajemen modern, salah satunya palang otomatis masuk untuk mendata jumlah kenderaan yang masuk nantinya.

" Sudah Kita uji coba dan berhasil, sekarang peralatan itu dibawa kembali dan akan dipasang saat operasional pasar tradisional dimulai,"ujar Kadis CKTR Kuansing, Fakhruddin, ST , Jumat ( 4/12/2015 )

Menurutnya, selain palang parkir otomatis seperti yang sering dijumpai di mall dan pasar modern di kota-kota besarm, sistem pengolahan limbahnya juga akan modern. " Makanya disebut pasar tradisional berbasis modern, pasarnya tradisional tetapi pengelolaannya modern,"ujar Fakhruddin.

Tujuannya agar para  pedagang kaki lima dapat memiliki tempat berjualan yang representatif, karena kedepannya kemunculan Toserba dan Sawalayan akan semakin banyak di Kuansing.

" Kita tidak ingin pedagang tradisional ditinggalkan, maka  Pemkab membangunnya untuk pedagang tradisional dan kaki lima, kalau tidak akan semakin ditinggalkan para pedagang tradisional, sekarang kan konsumen semakin memilih lokasi yang reprsentatif, begitu juga pembeli mereka akan tetap nyaman,"ujarnya.

Disamping itu lanjutnya, keberadaan sarana dan prasarana modern tersebut seperti palang parkir otomatis, akan menertibkan PAD dari pasar, seperti parkir. " Pak Bupati tidak ingin ada kebocoran parkir,
maka diterapkan manajemen modern,"ujarnya.

Begitu juga dengan pengolahan limbah diterapkan agar lingkungan pasar tetap nyaman. " Kalau selama ini kekurangan pasar tradisional kurang nyaman akibat limbah, sehingga menganggu pembeli dan pedagang sendiri, dengan pengolahan limbah yang baik akan menimbulkan kenyamanan-kenyamanam,"ujarnya.

' Kedepan Bupati  dan Wabup terpilih sambungnya, tinggal memoles manajemen pasar tradisional agar sesuai dengan konsep awal,"pungkasnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index