Sukarmis : Kalau Tidak Sehat Buka Selimut dan Berjalan ke Dapur Saja Susah, Gimana Kerja & Sekolah

Sukarmis : Kalau Tidak Sehat Buka Selimut  dan Berjalan ke Dapur Saja Susah, Gimana Kerja & Sekolah
Bupati Kuansing H. Sukarmis

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing, H Sukarmis mensyukuri tiga sektor prioritas seperti kesehatan, ekonomi dan pendidikan sudah berkembang maju di daerah ini. Ketiganya saling terkait dan langsung menyentuh ke masyarakat.

" Ketiga sektor ini mendapat perhatian ekstra Saya selama memimpin Kuansing 10 tahun belakangan," ujarnya saat meresmikan SMP Negeri 5 dan pelantikan Kades Pulau Binjai kecamatan Kuantan Mudik, Rabu ( 25/11/2015 ) kemaren.

Menurut Sukarmis, selama memimpin Kuansing sejak tahun 2006  hingga sekarang, tiga sektor ini mendapat perhatian penuh. Untuk kesehatan ujarnya, mendapat prioritas pertama, karena kesehatan harus ada dalam tubuh setiap orang. Sekarang tiap desa sudah ada Pustu bahkan Pukesmas pembantu serta dokter dan tenaga paramedis.

â€" Kalau tidak sehat, membuka selimut saja susah, berjalan ke dapur saja sudah, bagaimana mau usaha ( kerjanya dan sekolah," ujarnya.

Kalau sudah sehat ujarnya, otomatis mencari penghidupan ekonomi rumah tangga akan semangat. Kebutuhan rumah tangga tidak hanya kenderaan seperti mobil dan Honda, namun yang mendasar makanan sekahri-hari.

" Karena itu melalui program ekonomi kerakayatan, kebun, sawah digalakkan, Alhamdulillah juga setiap rumah sudah ada minimal Honda sekarang,"ujarnya.

" Coba bayangkan kalau tidak sehat, ekonomi juga tidak baik bagaimana mencari pendidikan,"ujarnya menambaHkan.

Kalau tubuh sudah sehat, ekonomi sudah baik, otomatis kata Sukarmis, upaya mendari pendidikan yang lebih baik akan tinggi . " Sekarang dengan kesehatan dan ekonomi semakin baik, anak-anak Kuansing sudah banyak sekolah hingga ke luar daerah karena orang tua dan siswa tau arti penting pendidikan bagi mereka," ujarnya.

Untuk kemajuan pendidikan, kata Sukarmis Pemkab suah membangun seolah disetiap desa,  baik S, SMP hingga SLTA, bakan di desa Saik sendiri sudah ada SMP. " Tinggal Kita memotivasi anaka-anak Kita bagaimana mau belajar giat karena SDM kunci sukses daripada seseorang,"pungkasnya. ( utr )

Berita Lainnya

Index