DPRD : Kalau BUMD Hanya Menyusu ke APBD dan Merugi Sebaiknya Dibubarkan

DPRD : Kalau BUMD Hanya Menyusu ke APBD dan Merugi Sebaiknya Dibubarkan
Bupati Sukarmis menerima draft Perda BUMD dari Ketua DPRD, Andi Putra. ( ktc )

TELUK KUANTAN  - DPRD Kuansing akhirnya menyetujui Perda badan usaha milik daerah  ( BUMD ), Rabu ( 4/11/2015 ) dalam sidang paripurna. Walau memberi persetujuan, DPRD minta agar BUMD yang akan dibentuk melalui perusahaan daerah ( Perusda ) dibubarkan atau digabungkan jika merugi dan hanya membebani APBD dimasa yang akan datang.

Hal tersebut merupakan salah satu rekomendasi yang disampaikan DPRD yang dibacakan Ketua Pansus, Musliadi, S.Ag sebelum dewan memberikan persetujuan. “ Salah satu butir yang Kita rekomendasikan, kalau nantinya BUMD tidak menguntungkan dan membenani APBD saja, maka DPRD sarankan dibubarkan atau dilebur,”ujarnya.

Karena tidak mungkin, BUMD-BUMD tersebut terus menerus membebani APBD . “ Untuk tahap awal dapat dimaklumi, tetapi terus menerus tidak mungkin membebani APBD,”ujarnya.

Seterusnya,  perusahaan daerah yang akan dibentuk mampu menciptakan lapangan kerja dan lapangan usaha bagi masyarakat. Kedua perusahaan daerah yang dibentuk harus bersih dan sehat seperti halnya BUMN yang banyak juga sehat, seperti Pelindo, Garuda, Perbankan.

“ Jadi pembentukan BUMD jangan Kita berpikir under estimate bakal membebani daerah, buktinya BUMN juga banyak beruntung dan sehat dan berdampak baik bagi negara,”ujarnya.

Ketiga BUMD harus memiliki struktur badan pengawas dan manajer yang professional. “ Jadi tidak hanya manajerial yang professional, namun badan pengawas juga harus profesional termasuk rekrutmen karyawan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kualifikasi yang dibutuhkan, harus proporsional dan profesional,”ujarnya.

Keempat lanjutnya, Perusda yang dibentuk nantinya dapat bekerjasama dengan pihak ketiga dan rekanan lain untuk mengembangkan Perusda, misalnya hotel dapat bekerjasama dengan manajemen Pangeran Hotel atau Grand Elite yang notabene mereka memiliki jaringan dan relasi usaha bidang hotel yang mumpuni,’tutupnya.

Hadir pada acara ini Bupati Kuansing H Suakrmis, Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.pd, unsure Muspida, Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Satuan, Kabag, Camat dan undangan lain.( isa )

Berita Lainnya

Index