MoU KPU dengan pengurus IDI Wilayah Riau di aula Kantor KPU Riau. ( ktc )

Sapi Bantuan Pemprov Riau Mulai Disalurkan ke Peternak di Kuansing

Sabtu,31 Oktober 2015 - 10:38:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Sapi bantuan dari dana APBD Provinsi Riau untuk delapan kelompok peternak yang ada di Kuansing sudah mulai disalurkan.

" Sudah Kita salurkan, separuh dari kelompok sudah menerimanya, "ujar Kadis Peternakan Kuansing, Marhumala Pontas, kepada kuansing terkini, Sabtu ( 31/10 /2015 ) siang.

Katanya tahun ini ada delapan kelompok peternak di Kuansing yang menerima bantuan sapi dari dana APBD Riau, masing-masing kelompok peternak yang ada di desa Pulau Rumput kecamatan Gunung Toar, desa Sangau dan desa Kinali di kecamatan Kuantan Mudik.

" Untuk kelompok peternak yang ada di tiga desa tersebut sudah menerima bantuan sapi dari Pemprov Riau,"ujarnya.

Minggu siang ujarnya, Dinas Peternakan menyerahkan bantuan untuk kelompok peternak di desa Pulau Komang Sentajo dan Koto Sentajo kecamatan Sentajo Raya. Setelah itu, kelompok peternak yang ada di Koto Peraku kecamatan Cerenti, Pangean dan desa Pulau Kopuang Sentajo Raya.

" Mengapa ada yang sudah menerima dan yang belum, karena penyalurannya berdasarkan sapi yang telah didatangkan oleh Dinas Peternakan Provinsi Riau ke Kuansing, berdasarkan informasi untuk kelompok yang belum menerima karena Dinas Peternakan Riau sedang mengirimkan sapi dari Sumbawa Nusa Tenggara Barat ke Riau,'ujarnya.

Masing-masing kelompok bebernya akan menerima 33 ekor sapi, 20 sapi betina dan 3 ekor sapi jantan. " Jadi total bantuan untuk kelompok peternak di Kuansing dari Pemprov Riau tahun 2015 sebanyak 264 ekor,"kata Marhumala.

Diluar itu ungkap Marhumala, tahun 2015 ini direncanakan Kuansing juga akan menerima bantuan sapi dari dana APBN sebanyak 250 ekor sapi yang diperuntukkan bagi 10 kelompok peternak. Tapi dirinya belum dapat memastikan waktu penyaluran ke masyarakat, sebab dari informasi terakhir yang diterima dari Kementrian Pertanian, mereka sedang gagal lelang, karena tidak ada perusahaan yang berminat mengikuti tender lelang pengadaan sapi di Kementrian Pertanian tersebut.

" Itu informasi yang Kita terima dari pusat, mereka sedang gagal lelang karena tidak ada peminat lelang, untuk sapi dari pusat ini jenis Sapi Brahma asal Australia,"ujarnya.

Untuk bantuan sapi dari APBD Kuansing, kata Marhumala tahun ini hanya 22 ekor, 20 ekor betina dan 2 ekor pejantan. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Agus Mandar Jadi Plh Sekda Kuansing

Rabu,04 April 2018
Sosial & Agama

Ramadhan di Kuansing Ditengah Ekonomi yang Lesu

Sabtu,27 Mei 2017