Ketua Panwaslu Kuansing, Alpias bersama dua orang anggota. ( ktc )

Panwaslu akan Libatkan Mahasiswa Awasi 628 Buah TPS Saat Pemungutan Suara

Sabtu,30 Oktober 2015 - 10:45:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

 

 

TELUKKUANTAN  - Mahasiswa Universitas Islam Kuantan Singingi ( Uniks ) akan direkrut oleh Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu ) untuk mengawasi jalannya pesta demokrasi rakyat Kuansing di  628 tempat pemungutan suara ( TPS ) pada hari pencoblosam 9 Desember yang akan datang.

Untuk merealisasikan hal ini, Pawaslu Kuansing menjalin kerjasama dengan pihak UNIKS, sebagai universitas terbesar di Kuansing. Nota kesepahaman tersebut ditanda tangani Rektor Uniks, Ir H Liusman Saleh, MT dengan Ketua Panwaslu Kuansing, Alpias, ST, Jumat ( 30/10/2015 ) siang di kampus Uniks.

Karena itu para mahasiswa Uniks diminta segera mendaftar ke petugas pengawas lapangan ( PPL ) tingkat desa yang tersebar diseluruh Kuansing. Jika peminat dari kalangan mahasiswa tinggi, maka akan dilakukan seleksi oleh Panitia Pengawas Kecamatan.

"Mulai hari ini, kami berharap Pak Rektor mengumumkan kepada seluruh mahasiswa Uniks agar mendaftarkan dirinya di desa masing-masing sebagai panitia pengawas pemilu di tingkat TPS," ujar Ketua Panwaslu Kuansing, Alpias ST, usai menandatangani kesepakatan tersebut.

 

Pihaknya kata Alpias, sengaja merekrut mahasiswa untuk membantu melakukan pengawasan terhadap jalannya pelaksanaan Pilkada, 9 Desember mendatang. Apalagi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan rakyat berkewajiban untuk mengawasi jalannya pemilihan. "Kita tahu sejarah mencatat, bahwa mahasiswa menjadi garda terdepan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat," ujarnya.

 

Setelah proses rekrutmen dilakukan, Alpias menambahkan, para mahasiswa itu akan diberi bimbingan teknis. Dan selanjutnya, mahasiswa yang direkru menjadi pengawas pemilu di tingkat TPS akan dilantik di setiap kecamatan.

"Tugas kita adalah mensukseskan pilkada di Kuansing. Siapapun nanti pemenangnya, mereka adalah putra-putri terbaik Kuansing," ujarnya.

 

Sementara  Rektor Uniks,  Liusman Saleh menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dilibatkannya Uniks dalam mensukseskan pilkada di Kuansing. "Mensukseskan pilkada adalah tugas pokok kita bersama. Dan kami berterima kasih karena telah dibawa untuk bekerjasama," pungkasnya.( isa)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT