5 November, Tiga Paslon Uji Nyali di Debat Kandidat, Siapa yang Bakal Unggul ?

5 November, Tiga Paslon Uji Nyali di Debat Kandidat, Siapa yang Bakal Unggul ?
Tiga pasangan Calon di Pilkada Kuansing 2015. ( ktc )

TELUK KUANTAN – 5 November yang akan datang, tiga pasangan calon Bupati dan Wabup di Pilkada Kuansing 2015,  masing-masing Indra Putra-Komperensi, Mursini-Halim dan Mardjan Ustha-Muslim akan uji nyali dalam acara debat kandidat yang ditaja Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kuansing.

Walau tidak merepresentasikan dukungan masyarakat, kemampuan pasangan calon menyampaikan visi misi dan implementasi dihadapan moderator dan undangan dalam debat akan terlihat saat itu.

" Sekarang dipersiapakan dan dimatangkan acara debat kandidat tersebut, debat kandidat akan dilaksanakan dua kali, pertama tanggal 5 November, kedua tanggal 5 Desember, "ujar Komisioner KPU Kuansing sekaligus penanggungjawab debat kandidat, Wigathi Iswandhiari, Jumat ( 30/10/2015 ).

Menurut Wigati, ada lima tahapan yang akan dilakui oleh masing-masing kandidat saat mengikuti acara debat yang direncanakan berlangsung selama 90 menit atau satu setengah jam tersebut.

Pertama, penyampaian visi dan misi pasangan calon secara berurutan, kedua pertanyaan moderator kepada masing-masing pasangan calon. Sesi ketiga, pertanyaan dari pasangan nomor urut 1 kepada pasangan nomor urut 2 dan nomor urut 3. Seterusnya pertanyaan dari pasangan nomor urut 2 kepada pasangan nomor urut 3 dan nomor urut . Sesi terakhir pertanyaan dari pasangan nomor urut 3 kepada pasangan nomor urut 1 dan nomor urut 2.

" Catata tidak ada debat saat masing-masing pasangan calon mengajukan pertanyaan ke pasangan lainnya termasuk dari moderator kepada pasangan calon. mereka hanya menjawab saja pertanyaan,"ujarnya.

Menurut Wigati dalam debat kali ini tidak ada panelis, seperti halnya debat Capres dan Cawapres." Moderator sekaligus panelis yang akan mengajukan pertanyaan, moderatornya Tengku Edy Sabli mantan Ketua KPU Riau,"ujarnya.

Mengenai lokasi debat ujarnya, saat ini dipilih antara gedung Narosa dan Balai Adat. " Belum putus sampai saat ini, sedangkan jadwal debat jam 2 siang,"ujarnya.

Ditambahkannya, dalam debat kali ini masing-masing pasangan calon hanya diperkenankan membawa 25 orang rombongan. " Kalau total yang Kita undang sebanyak 150 orang, diluar tim pasangan calon ada, Forkompimda, mahasiswa, wartawan, dan unsur lainnya,"jelasnya.

Untuk debat pertama ujarnya direncanakan hanya disiarkan langsung oleh radio pemerintah daerah ( RPD ) Kuansing. “ Untuk debat kedua baru RPD dan salah satu TV, direncanakan RTV atau TVRI,”pungkasnya.

Lalu siapa diantara mereka yang akan tangkas dan cerrdas  dalam debat ini, Kita lihat saja saat debat. ( isa )

Berita Lainnya

Index