Sosialiasi pemilih pemula. ( ktc )

Tingkatkan Partisipasi dan Pemahaman, KPU dan Kesbangpol Taja Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula

Jumat,22 Oktober 2015 - 09:20:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN – Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pemula khususnya pelajar dan mahasiswa dalam Pilkada Kuansing, komisi pemilihan umum ( KPU )  dan  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol ) Kuansing menggelar sosialisasi bagi mereka.

Melalui sosialisasi ini, KPU dan Badan Kesbangpol Kuansing berharap, pemilih pemula khususnya mahasiwa dan pelajar siswa SLTA yang telah memiliki hak pilih dapat meningkatkan pengetahuannya soal hak dan kewajiban warga negara serta mekanisme pemberian hak suara .

Untuk sosialisasi oleh Badan Kesbangpol Kuansing dilaksanakan sejak tanggal 13 Oktober sampai dengan 31 Oktober. Masing-masing di SMK Negeri 2 Teluk Kuantan, SMAN Benai, Kantor Camat Pucuk Rantau, SMAN 1 Gunung Toar , Kantor Camat Hulu Kuantan, SMAN 1 Singingi, SMAN 1 Cerenti, Kantor Camat Kuantan Hilir Seberang, SMAN 1 Pangean, SMAN 1 Sentajo Raya, SMK N 1 Logas Tanah Darat, SMAN 1 Kuantan Hilir, SMAN 1 Kuantan Mudik, SMKN 1 Singhil, dan SMAN Inuman.

Sedangkan sosialisasi pemilih pemula oleh KPU dilaksanakan sejak tanggal 6 Oktober hingga 26 November masing-masing di Kampus UNIKS, SMAN 1 Sentajo Raya, SMAN 1 Gunung Toar, SMAN 1 Pangean, SMK N 1 Logas Tanah Darat, sman 1 Kuantan Hilir, SMAN 1 Kuantan Hilir Seberang, SMA 1 Inuman, SMAN 1 Cerenti, SMAN 1 Kuantan Muidik , dan SMAN 1 Hulu Kuantan.
Menurut Kaban Kesbangpol Kuansing, Drs Linskar, Selasa ( 20/10/2015 ) lalu, sosialisasi ini menjadi agenda rutin mereka setiap ada kegiatan pesta demokrasi mulai dari Pilpres, Pileg dan Pilkada. “ Hal ini agar pemilih pemula memahami hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara dalam sebuah proses demokrasi,”ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Divisi Sosialiasi, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Kuansing, Wigathi Iswandhiari, ST, MM. “ Disamping membangun kesadaran bagi mereka dalam menggunakan hak suara, mereka juga dibekali dengan cara memberikan hak suara, sehingga mereka tidak bingung saat hari pemberian suara dilaksanakan,”tutupnya. ( isa  )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT