Kondisi kabut asap yang sangat parah di Kota Teluk Kuantan, Rabu siang . ( ktc )

Kabut Asap Terparah Landa Kuansing, Jarak Pandang 50 Meter, Warga Banyak Sesak Nafas

Rabu,21 Oktober 2015 - 01:52:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Hari Rabu ( 21/10/2015 ) merupakan hari terparah kabut asap yang melanda Kuansing. Pada pukul 12,00 siang jarak pandang cuma 50 meter, dan kabut asap yang tebal ini membuat warga banyak mengalami sesak nafas saat berada diluar rumah.

Kabut asap mulai menebal sekitar pukul 10.00 WIB dan berlanjut hingga pukul 13.00 WIB. Akibat jarak pandang yang tebal tersebut, membuat warga harus menggunakan masker dan menyalakan lampu saat berada diluar rumah dan mengenderaai kenderaan, baik roda dua, roda empat dan yang berjalan kaki.

Akibat kabut asap yang sangat tebal tersebut,  membuat warga mulai alami sesak nafas dan mata perih serta hidung meler.  Warga banyak mengurung diri didalam rumah terutama anak-anak dan membatasi kegiatan luar rumah akibat tebalnya kabut asap,.

" Kabut asapnya selain tebal juga berbau kayu dan akar terpanggang, sudah menyengit sekali, "ujar Dewi salah seorang pegawai Setda Kuansing.

Hal yang sama dirasakan Ependri, menurutnya, kabut asap membuatnya serinng mengeluarkan air mata karena perih. " Waduh perih kali, berair-air mata dibuatnya, tak terbayangkan bagaimana susahnya orang yang terkena ISPA,"ujar anggota Panwaslu Kuansing itu. 

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kuansing, Japrinaldi, AP , Rabu siang mengakui kalau kabut asap sudah sangat tebal. Ia menyarankan agar warga tidak banyak melakukan kegiatan diluar rumah terutama anak-anak dan orang yang rentan dengan gangguan penyaklit ISPA.

" Ini kabut asap kiriman dari kebakaran hutan dan lahan di provinsi Sumsel dan Jambi,"tutupnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT