Perusahaan Tak Peduli Masyarakat Diminta Hengkang dari Kuansing

Perusahaan Tak Peduli Masyarakat Diminta Hengkang dari Kuansing
Presiden Mahasiswa BEM UNIKS, Heri Guspendri. ( ktc)
TELUK KUANTAN - Mahasiwa Kuansing sangat geram terhadap perusahan-perusahaan yang tidak memberi kontribusi bagi daerah dan masyarakat. Padahal mereka sudah mengeksploitasi sumber daya alam Kuansing selama ini demi keuntungan koorporasi dan penanam modal.
" Bagi perusahaan yang tidak berkontribusi bagi daerah dan masyarakat, Kita minta mereka hengkang saja,"ujar Presiden Mahasiswa Badan Ekesekutif Mahasiswa Universitas Islam Kuantan Singingni ( UNIKS ), Heri Guspendri, Rabu ( 30/9/2015 ).
Kata Heri, mereka akan mendatangi setiap perusahaan yang ada di Kuansing, dan meminta data dan fakta setiap perusahaan terhadap program-program pemberdayaan masyarakat mereka selama ini. " Jika tidak ada program pengembangan masyarakat, Kita mintat mereka pergi saja dari Kuansing, karena hanya menyedot kekayaan sumber daya alam tanpa peduli dengan nasib masyarakat setempat,"ujarnya.
Bahkan terhadap perusahaan yang tidak peduli tersebut, mereka juga akan meminta klarifikasi persyaratan dan legal usaha bahkan mekanisme pengelolaan limbah untuk mengetahui apakah sudah sesuai dengan aturan yang ada.
" Sudahlah tidak peduli, kalau ada yang main-main dengan aturan akan dituntut kepada pemberi izin untuk dicabut,"ujarnya.
Mereka juga katanya akan mencermati komposisi Naker di setiap perusahaan, untuk mengetahui tingkat serapan Naker lokal. " Di tempat Kita banyak yang menganggur, jangan sampai mereka  berdayakan Naker dari luar,'ketusnya.

Sementara itu tambahnya, pada hari Jumat ( 2/9/2015 ) mereka juga akan menggelar aksi melawan asap di tugu pendidikan. " Saat itu Kita akan minta perusahaan dan oknum pembakar hutan dan lahan ditindak, dan pemerintah diminta mengatasi kabut asap secepatnya, karena sudah meresahkan dan merugikan masyarakat,"pungkasnya. ( isa)

Berita Lainnya

Index