Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Acara Melayur Jalur, Salah Satu Tradisi Kebanggaan Masyarakat Kuansing Bakal Tampil di TV One

Selasa,29 September 2015 | 10:08:00   Dibaca: 4558 kali
Acara Melayur Jalur, Salah Satu Tradisi Kebanggaan Masyarakat Kuansing Bakal Tampil di TV One
Ket Foto : Bupati H Sukarmis saat menyulit api saat pelayuran jalur desa Sawah. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Salah satu tradisi masyarakat Kuansing, Melayur Jalur ada juga menyebut mendiang jalur bakal tapil di TV One salah satu tv swasta nasional favorit di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Bupati Kuansing H Sukarmis, saat menghadiri acara melayur jalur desa Sawah, Senin ( 28/9/2015 ) malam kemaren." Bersama Kita malam ini hadir kru dari televisi TV One yang akan meliput proses acara melayur jalur, dan Insya Allah akan ditampilkan di TV dalam beberapa waktu kedepan,"ujar Sukarmis.

Menurut Sukarmis, agar informasi mengenai budaya pacu jalur semakin dikenal secara nasional, hendaknya seluruh proses budaya pacu jalur, mulai dari mencari kayu, menebang kayu, menarik kayu ke desa, proses pembuatan hingga acara melayur jalur dan pacu jalur sendiri diliput.

" Jadi sangat utuh dan orang luar semakin mengenal tradisi dan budaya kebanggaan masyarakat Kita,"ujar Sukarmis.

Sementara itu Kasubag Humas dan Santel Setda Kuansing, Hevi Heri Antoni, menambahkan, proses melaur jalur akan tampil di acara pesona wisata nusantara TV One.

" Sekarang masih proses produksi, menjelang tampil TV One akan memberi tahu kepada Kita,"ujarnya.

Menurut Hevi, penayangan acara melayur jalur kerjasama antara Pemkab Kuansing dengan Badan Penghubung Pemprov Riau di Jakarta, dalam rangka pengembangan pariwisata dan budaya unggulan.

" Ada tiga kabupaten di Riau yang akan ditayangkan keunggulan potensi pariwisata budaya dan tradisi maisng-masing Kuansing, Rokan Hilir dan kabupaten Siak,"pungkasnya. ( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.