Lokasi Mamucuak Ikan di desa Pangkalan Indarung. ( ktc )

Dukung Tradisi dan Pelestarian Alam, Sabtu-Minggu Bupati Mamucuak Ikan di Pangkalan Indarung

Kamis,23 September 2015 - 09:36:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis memberi apresiasi kepada warga desa Pangkalan Indarung kecamatan Singingi yang hingga kini masih mempertahankan tradisi Mamucuak atau mencari ikan secara bersama-sama setiap tahunnya.

Hal tersebut dikatakannya saat bincang-bincang dengan wartawan di kantor Bupati, Selasa ( 22/9/2015) kemaren. " Mereka masih dapat mempertahankannya hingga saat ini sebuah usaha yang patut Kta apresiasi karena tidak banyak yang dapat mempertahannya,"ujarf Bupati.

Hal tersebut dapat terjadi katanya, berkat kerjasama yang baik antar elemen masyarakat desa, ninik mamak, pemangku adat dan masyarakat, sehingga larangan-larangan yang telah ditetapkan bersama atas tradisi tersebut dipatuhi seluruhnya oleh masyarakat desa.

Untuk itu ujarnya, setiap ada undangan dari masyarakat desa tersebut, dirinya selalu berusaha hadir, sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada masyarakat desa tersebut dalam mempertahankan tradisi yang ada.

Disamping itu tentu dengan melakukan kunjungan ke desa, pejabat terkait juga dapat melihat langsungg kondisi masyarakat yang ada, baik masalah insfrastrukur, pendidikanm, kesehatan, ekonomi dan yang lainnya.

" Insya Allah kita akan kemping disana bersama warga masyarakat, Sabtu ( 26/9/2015 ) hingga Minggu ( 27/9/2015 ),"tutupnya.

Sekedar diketahui, di desa Pangkalan Indarung terdapat sungai yang ikan dan flora dan fauna yang ada didalamnya dijaga sedemikian rupa, sehingga tidak ada warga yang dapat mencari ikan disungai tersebut, dan bagi yang melanggar bakal dikenakan denda.

Namun demikian dalam waktu-waktu tertentu, masyarakat disana dapat mengambil ikan dengan kesepakatan bersama untuk berbagai keperluan. Kegiatan ini menjadi salah satu daya tarik bagi orang luar, karena saat kegiatan Mamucuak dilaksanakan, orang akan dapat melihat ikan besar di sungai air yang jernih berkeliaran dan ditangkap bersama-sama. (isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT