ilustrasi. ( ktc )

Kekeringan, Warga Seberang Taluk Hilir Keluhkan Pasokan Air PAM Tak Lancar

Selasa,31 Agustus 2015 - 04:16:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUK KUANTAN-Warga Desa Seberang Taluk Hilir, Kecamatan Kuantan Tengah, khususnya para pelanggan mengeluhkan tidak lancarnya pasokan air bersih dari Pengelola Air Minum (PAM) Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) sejak beberapa bulan terakhir ini. Apalagi sekarang kondisi kekeringan yang dialami warga akibat musim kemarau yang berkepanjangan membuat warga harus memanfaatkan air sungai batang kuantan yang notabenenya sangat keruh dan tidak layak untuk digunakan.

"Kalau tak salah sudah lebih dari lima bulan, air PAM tak pernah sampai ke sini, tak tahu apa penyebabnya. Jadi kita terpaksa melakukan aktifitas mandi, mencuci dan sebagainya ke Kuantan (Sungai),"ujar Eldison salah seorang warga Desa Seberang Taluk Hilir, Minggu (30/8/2015).

Hal ini sangat disayangkan oleh Eldison selaku warga dan konsumen atau pelanggan air PAM."Padahal dengan kondisi kemarau saat ini, pemerintah seharusnya mempunyai solusi bagaimana agar kebutuhan akan air bersih ini tidak menjadi masalah. Kalau memang mesinnya rusak, ya diperbaiki, kalau pompanya tidak kuat, kan bisa diganti, yang penting ada solusi,"ujarnya.

Terkait hal ini, Kadis CKTR Kuansing, Fakhrudin, ST ketika dikonfirmasi, Senin (31/8/2015) siang mengaku terkejut dengan kondisi tersebut, karena menurutnya sejauh ini untuk PAM tidak ada kendala dan setiap hari mesin dihidupkan untuk mengaliri air bersih ke rumah-rumah warga."Setahu kita untuk PAM sudah lancar, beberapa waktu lalu memang ada kendala, mesin rusak, tapi sudah diperbaiki, dan sekarang sudah lancar. Disamping itu kita juga terus meminta laporan kepada pegawai kita di sana, tapi tidak ada laporan tentang itu, nanti kita tanyakan lagi dan pasti akan kita tindak lanjuti,"ujarnya.

Namun demikian kata Fakhrudin, pihaknya telah menerapkan jadwal untuk mengalirkan air bersih ini ke rumah warga."Setiap hari kita gilir, misalnya untuk jam sekian sampai jam sekian itu kita alirkan ke arah hulu dan untuk ke arah hilir kita tutup, dan sebaliknya, jam sekian sampai jam sekian kita alirkan ke arah hilir dan ke arah hulu kita tutup. Kalau untuk desa Seberang Taluk Hilir kalau tidak salah gilirannya dari jam 18:00 sampai jam 22:00 WIB malam setiap harinya,"kata Fakhrudin lagi.( utr )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT