Rontokkan Jalur-Jalur Kuansing, Tuah Kalajengking Muda Indragiri Inhu Juara di Pacu Jalur Baserah

Rontokkan Jalur-Jalur Kuansing, Tuah Kalajengking Muda Indragiri Inhu Juara di Pacu Jalur  Baserah
Pacu jalur Baserah 2015. ( sumber : pociak.com )

 

TELUK KUANTAN – Jalur asal Indragiri Hulu mulai mengganeh ( unjuk gigi ), Tuah Kalajengking Muda Indragiri asal desa Danau Baru kecamatan Rengat Barat, merontokkan perlawanan jalur-jalur tangguh asal Kuansing yang ikut serta difinal pacu jalur Baserah 2015 dan menjadi juara, Minggu ( 16/8/2015 ) di Tepian Lubuak Sobae. Dengan kemenangan tersebut, jalur  ini diprediksi salah satu kandidat juara di pacu jalur tradisional event nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan 20 sampai dengan 23 Agustus yang akan datang.

Tuah Kalajengking benar-benar menunjukkan kelasnya. Di putaran pertama hari ketiga ( delapan besar ) , jalur ini mengandaskan perlawanan jalur sesam asal Inhu, jalur Panah Ombak Sutan Mudo asal Batang Peranap Inhu.

Berjaya di babak delapan besar , Tuah Kalajengking Muda Indragiri menantang Pulau Laghe Mandulang Untuang dari desa Pulau Madinah. Lagi-lagi jalur Tuah Kalajengking Muda Indragiri Berjaya dengan menghempaskan salah satu jalur andalan Kuansing asal kecamatan Kuantan Hilir tersebut.

Difinal, jalur yang menyentak pengamat, pecandu dan penonton pacu jalur di Kuansing tersebut juga berhasil menundukkan jalur unggulan Kuansing lainnya Meriam Onggang Parau ( MOP ) dari desa Kepala Pulau Baserah yang sebelumnya berhasil menaklulkkan jalur Ombak Nyalo Simutu Olang dari desa Pulau Tengah kecamatan Pangean.

Sejak debut hari pertamanya, Tuah Kalajengking Indragiri memang cukup menyentak public dan diprediksi akan menjadi juara. Lawan-lwan dihari pertama dan hari kedua rata-rata sudah tertinggal sejak pancang dua dan ketiga. Melihat kecepatan nya, jalur ini disejajarkan dengan Siposan Rimbo RAPP juara rayon IV yang absen digelanggang Tepian Lubuak Sobae Baserah tersebut.

Perebutan juara ketiga dan keempat terjadi antara jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang dengan Ombak Nyalo Simutu Olang, Laga ini dimenangkan jalur Ombak Nyalo Simutu Olang yang menempatkanya diposisi ketiga sementara Pulau Laghe Mandulang Untuang diposisi keempat..

Smentara itu posisi kelima sampai dengan kesepuluh ditentukan melalui pencabutan undian. ( yus )

Peringkat Juara Pacu Jalur Baserah 2015 di Tepian Lubuak Sobae :

1. Tuah Kalojengking Muda Indragiri/ Rengat Barat/INHU
2. Meriam Onggang Parau Bappeda Kuansing/Kepala Pulau /KH
3. Ombak Nyalo Simutu Olang /PL. Tongah/ PGN
4. Pulou Laghe Mandulang Untuang Klinik Malika/ PL. Madinah /KH
5. Raja Laut Tobieng Ayie Grouf/Sei Sorik/ KHS
6. Toduang Bakotat Bunga Kirana/ Pauh Angit /PGN
7. Sijontiak Lawik Pulau Tanamo/ PL. Jambu /CRT
8. Panah Ombak Sutan Mudo Indragiri/ Suka Maju Batang Peranap/INHU
9. Jitu Kuantan / PL. Busuk / INM
10. Cahaya Baru / Sukaping/ PGN

Berita Lainnya

Index