pacu jalur. ( ktc )

Pacu Jalur Event Nasional Harus Dapat Tingkatkan PAD

Sabtu,15 Agustus 2015 - 09:16:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Selain mengeluarkan dana untuk mendukung pacu jalur tradisional event nasional, pacu jalur juga dapat dijadikan ajang untuk meningkatkan pendapatan asli daerah ( PAD ) untuk kepentingan pembangunan. Pasalnya banyak sektor PAD yang dapat dimaksimalkan jika dikelola dengan profesional dan taat azas, mulai dari parkir, lapak pedagang, transportasi, jasa hotel, kebersihan dan restoran serta sektor-sektor PAD lainnya.

" Kedepan tidak hanya fokus mensukseskan pelaksanaan pacu jalur, namun juga sektor-sektor yang dapat menghasilkan PAD,"ujar Ketua Lembaga Peduli Kuansing, Ilyas, Sabtu ( 15/8/2015 ).

Apalagi ujarnya, selama pacu jalur bukan rahasia umum lagi, begitu banyak jasa parkir, jasa lapak, transportasi, restoran dan rumah makan yang beroperasi." Kedepan harus ada tarif yang transparan, baik untuk daerah, dan pengelola,"ujarnya.

Ia tidak memungkiri, momen pacu jalur  selama ini  menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengais rezeki. Namun kedepan perlu transparansi dan pengelolaan yang makin profesional. " Artinya masyarakat dan pengelola mendapat rezeki, pedagang dapat mencari nafkah, daerah juga menerima PAD dengan maksimal, tapi seimbanglah "tukasnya.

" Dana yang masuk dari sektor PAD selama pacu jalur kan juga bisa digunakan untuk pembangunan lagi, selama ini tidak jelas berapa pemasukan bagi daerah. Pacu jalur selain melestarikan budaya agung masyarakat Kuansing juga untuk mendongkrak ekonomi masyarakat dan juga penerimaan bagi daerah, di daerah lain juga berlaku hal demikian,"ujarnya.

Disamping itu ujarnya, penetapan tarif berbagai jasa yang ada selama pacu jalur perlu ditetapkan sesuai standar. Pasalnya selama ini banyak warga yang mengeluh terhadap tarif-tarif yang diluar kewajaran, seperti parkir, kebersihan, lapak dan yang lainnya.

" Ini juga dalam rangka menjadikan Teluk Kuantan khususnya dan Kuansing umumnya sebagai kota wisata yang tertib, nyaman dan aman, kalau ingin menjadi kota wisata jangan sampai ada yang pengunjung mengeluh terkait hal-hal seperti ini,Kita ingin setiap saat orang datang ke Kuansing karena mereka merasakan kenyamanan, kalau rutin orang datang rezeki bagi masyarakat,"tutupnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT