Terkena Dampak El-Nino, 600 Ha Lahan Sawah Masyarakat di Kuansing Terancam Fuso

Terkena Dampak El-Nino, 600 Ha Lahan Sawah Masyarakat di Kuansing Terancam Fuso
salah satu areal persawahan di Kuansing. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Lebih kurang 600 hektare areal persawahan milik warga masyarakat di Kuantan Singingi ( Kuansing ) terkena dampak musim kemarau ekstrem El-Nino dan terancam fuso atau gagal panen jika hujan tidak segera turun.

hal tersebut dikatakan oleh Kadis Tanaman Pangan Kuansing, Ir H Maisir menjawab pertanyaan wartawan, Selasa ( 11/8/2015 ) kemaren." Dari hasil data yang disampaikan petugas dilapangan berdasarkan pemantauan dan laporan warga masyarakat, luas yang terkena dampak El-Nino ( musim kemarau ekstrem ) seluas 600 hektare, cukup luas,"ujar Maisir

" Bahkan ada yang fuso seperti di desa Sawah Teluk Kuantan, sudah tidak bisa digunakan sama sekali atau gagal panen,"ujarnya menambahkan.
Namun katanya juga ada yang selama akibat wilayah Kuansing diguyur hujan dalam beberapa hari walaupun tidak deras, seperti areal persawahan yang ada di desa Pulau Komang kecamatan Sentajo Raya dan Desa Sawah, Desa Pulau Baru Kopah dan desa Seberang Taluk di kecamatan Kuantan Tengah.

" Alhamdulillah akibat turun hujan, padi yang ditanam di desa Pulau Komang, Pulau Baru Kopah dan , Desa Sawah serta Desa Seberang Taluk sedikit teramankan, mudah-mudahan tidak terkana fuso nantinya, karena akan merugikan petani,"katanya.
Menurut Maisir, upaya yang dilakukan Dinas Tanaman Pangan dan warga petani selama musim kemarau mengerahkan pompaninsasi untuk mengalirkan air ke areal persawahan.

" Itu kalau sumber-sumber air terdapat disekitar areal persawahan, kalau tidak ya petani menyerah karena memang sulit,"tutupnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index