Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Karang Taruna Desa Tanjung Pauh Terbaik Tingkat Provinsi Riau 2015

Selasa,10 Agustus 2015 | 05:04:00   Dibaca: 2941 kali
Karang Taruna Desa Tanjung Pauh Terbaik Tingkat Provinsi Riau 2015
Ket Foto : Pengurus Karang Taruna Karya Muda desa Tanjung Pauh saat menerima penghargaan. ( ktc )



TELUK KUANTAN- Karang Taruna Karya Muda dari Desa Tanjung Pauh, Kecamatan Singingi Hilir yang mewakili Kabupaten Kuantan Singingi di ajang seleksi pemilihan karang taruna terbaik tingkat provinsi Riau 2015 yang ditaja dinas sosial Provinsi Riau yang berlangsung selama tiga hari, 5-7 Agustus kemaren di hotel Resty pekanbaru akhirnya berhasil terpilih sebagai Karang Taruna terbaik tingkat provinsi Riau tahun 2015. Seleksi pemilihan karang taruna terbaik tingkat provinsi Riau 2015 ini diikuti oleh seluruh utusan karang taruna dari kabupaten dan kota se-provinsi Riau.

"Ini merupakan pencapaian dan prestasi tertinggi bagi kami, dan ini kami peroleh dengan perjuangan, pengorbanan, loyalitas dan royalitas dalam menjalankan roda organisasi karang taruna ini,"ujar ketua Karang Taruna Karya Muda, Alhadi kepada wartawan, Minggu (9/8/2015) di Teluk Kuantan.

Alhadi menambahkan ada beberapa program unggulan yang mereka miliki dalam organisasi sosial kepemudaan ini."Kami di Karang Taruna Karya Muda ini sudah memiliki rencana strategis yang didalamnya terdapat program kerja yang sudah berjalan tahun lalu, program kerja yang sedang dan akan dilaksanakan tahun ini serta program kerja yang akan kami jalankan pada tahun depan,"ujar pria tegap anak jati Singingi Hilir ini.

Dirinya kemudian menjelaskan bahwa karang taruna karya muda ini memiliki usaha ekonomi produktif dalam pemberdayaan pemuda desa diantaranya usaha bengkel, usaha kolam ikan, usaha kebun jagung serta mitra gerai madu sialang yang dijamin asli tanpa oplosan.

Selain usaha ekonomi produktif, karang taruna karya muda ini kata Alhadi juga memiliki pemasukan jutaan rupiah yang berasall dari retribusi kenderaan bermuatan sawit dan kayu akasia yang melewati jalan desa. Setiap bulannya karang taruna menerima hasil retribusi jalan ini sebesar Rp 2 juta. Petugas retribusi ini diambil dari para pemuda desa yang digilir setiap bulannya,"tutur Alhadi lagi.

Pemuda desa ini kata Alhadi tidak hanya bekerja, namun mereka juga mendapatkan pemasukan."Retribusi kita itu sistem kontrak, dimana kontrak perbulan sebesar Rp 2 juta untuk Karang Taruna, sedangkan dana yang terkumpul setiap bulannya bisa mencapai 12 juta per bulan. Dari dana Rp 12 juta tersebut, maka disetor kepada karang taruna Rp 2 juta dan sisanya akan dibagi oleh pemuda desa yang piket selama satu bulan. Artinya masing-masing mendapat honor rata-rata Rp 2,5 juta jika dalam satu bulan yang piket hanya 4 orang,"sambungnya.

Tidak hanya itu, mereka juga memiliki kebun sawit yang dijatah oleh pemerintah desa Tanjung Pauh di lahan KPA. Kemudian mereka juga memiliki fungsi advokasi kepada perusahaan yang beroperasi di Tanjung Pauh."Kami juga memiliki kemitraan pemberdayaan pemuda dengan perusahaan untuk direkomendasikan dan dapat bekerja di perusahaan tersebut dimana hingga kini pemuda desa Tanjung Pauh yang telah bekerja di perusahaan jumlahnya mencapai 180 orang,'ujarnya lagi.

Ditempat yang sama, ketua Karang Taruna Kabupaten Kuansing, Arafik, ST mengucapkan syukur atas prestasi Karang Taruna Karya Muda ini dan terima kasih kepada dinas sosial dan tenaga kerja Kabupaten Kuansing selaku pembina yang telah memberikan kesempatan kepada Karang Taruna Karya Muda untuk tampik diajang seleksi ini. Hal ini katanya menandakan bahwa karang Taruna di Kuansing hidup hingga tingkat desa dan kelurahan. Apalagi sambungnya, prestasi ini telah diraih selama 2 tahun berturut-turut."Kedepan harus kita pertahankan dan ditingkatkan lagi,"ucapnya.

Selanjutnya Arafik berpesan kepada seluruh pengurus Karang Taruna di kuansing agar terus meningkatkan kinerja karang Taruna Desa. Menurutnya tidak mustahil rekan-rekan bisa seperti karang taruna karya muda desa tanjung Pauh dengan catatangan, hidupi organisasi dan jangan mencari hidup di organisasi.

Diakhir perbincangan, Sekretaris Karang Taruna kabupaten Kuansing, sisrianto, DN, M,Si juga menyampaikan apressiasi atas prestasi Karang Taruna Karya Muda Desa Tanjung Pauh di tingkat provinsi Riau ini. Selanjutya Karang Taruna Karya Muda ini akan diutus dinas sosial Provinsi Riau pada seleksi karang taruna tingkat nasional mewakili Riau di Jakarta yang bertepatan dengan HUT RI, 17 Agustus nanti.(Utr)


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.