86 Jalur Pacu di Rayon IV, Jalur Tanpa Tukang Onjai, Timbo Ruang, Tukang Oyak Bakal Digugurkan

 86 Jalur Pacu di Rayon IV, Jalur Tanpa Tukang Onjai, Timbo Ruang, Tukang Oyak Bakal Digugurkan
Salah satu perwakilan jalur mengambil undian di gedung serbaguna kecamatan Sentajo Raya. ( ktc )


86 Jalur Pacu di Rayon IV, Jalur Tanpa Tukang Onjai, Timbo Ruang, Tukang Oyak Gugur
SENTAJO RAYA - 86 buah jalur bakal bertarung diajang pacu jalur kecamatan rayon IV Kuantan Singingi yang bakal digeber di tepian Datuk Simambang Rajo Nan Putiah Kecamatan Sentajo Raya Senin (10/8/2015).
Hal tersebut terungkap saat dilaksanakan technical meeting dan pencabutan undian, Minggu ( 9/8 ) kemaren yang dibuka Camat Sentajo raya, Hazrianto, S.sos.Sementara bagi jalur yang tidak melengkapi perangkat jalur seperti tukang tari, tukang timbo ruang dan tukang oyak bakal digugurkan atau tidak bisa ikut serta.

Sikap tegas tersebut disampaikan ketua umum panitia pacu jalur kecamatan Rayon IV Sentajo Raya, Tamsir Ali saat memberi pengarahan diacara techicalmeeting. Tamsir mengingatkan, kepa seluruh pengurus jalur, agar setiap jalur yang berpacu harus melengkapi perangkat jalur diantaranya semua jalur harus ada tukang tari ( anak joki) tukang timbo dan tukang oyak.
"  Jika jalur tersebut tidak mematuhi ketentuan tersebut maka Jalur tersebut dianggap gugur oleh Panitia.Karena perangkat jalur itu u merupakan tradisi dalam pacu jalur sejak zaman dahulu,"ujarnya..

Ditambahkan Tamsir Ali,kepada perwakilan pengurus jalur saat itu agar menginformasikan kepada masing- masing pengurus jalur lainnya agar tepat waktu. Begitu juga setelah jalur diisi tidak dibenarkan lagi  melakukan uji coba diarena gelanggang karena akan menggangu jalannya acara pacu jalur.

Sementara itu Camat Hazrianto, dalam sambutannyamengucapkan terimakasih kepada semua Jalur yang telah turut berpartisipasi dalam pacu jalur kecamatan rayon IV Kuantan Singingi di Kecamatan Sentajo Raya.

Hazrianto mengajak semua masyarakat dan semua pihak menciptakan  suasana yang kondusif dan menjaga sportivitas dalam bertanding agar pacu jalur di arena ini  berjalan dengan lancar, aman dan sukses.

Sementara dari hasil undian hari pertama, sang juara bertahan Meriam Onggag Parau Bappeda Kuansing dari Kepala Pulau Baserah Kecamatan Kuantan Hilir pada hilir ke 7 bakal berhadapan dengan jalur andalan Kecamatan Kuantan Mudik Delima Indah Permata Kuantan Saik. Begitu juga Jalur yang mempunyai nama besar Siposan Rimbo RAPP pauh angit Pangean bakal berhadapan dengan Kuntum Putri Cempaka dari Kampung Medan Kuantan Hilir.
Seterusnya  jalur andalan Kuantan Tengah Duri Bingkuang Rawang Panjang Pulau Kedudung bakal berhadapan KNPI Bertuah DPD Kuantan Singingi. Jalur andalan tuan Rumah Sentajo Raya Gelombang Tsunami Pulau Komang Sentajo bakal berhadapan dengan Jalur Linggar Jati Bunga Kirana pulau Kumpai Kecamatan Pangean. Keramat Jubah Merah Muaro Sentajo berhadapan dengan Rawang Udang Kecamatan Benai.
Selanjutnya  jalur andalan Kecamatan Gunung Toar Satria Muda Kuantan berhadapan dengan jalur Lilitan Akar Bunga Merah Pulau Kepung Kecamatan Sentajo Raya. ( yus )

Berita Lainnya

Index