Pencabutan undian pacu jalur rayon III di SMK N 1 Benai. ( ktc )

Peserta Pacu Jalur Rayon III Membludak

Minggu,02 Agustus 2015 - 04:34:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak


BENAI  - Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, peserta pacu jalur rayon III yang dimulai di Tepian Pincuran Sati, Kecamatan Benai, Senin (3/8/2015) membludak, bahkan jika dibandingkan dengan jumlah jalur yang berpartisipasi  pada rayon I dan II yang sudah dilaksanakan di Inuman dan Kuantan Mudik. Tahun ini jumlah jalur yang mendaftar sebanyak 72 buah.
72 jalur yang berpartisipasi itu berasal dari 10 kecamatan, kecamatan yang paling banyak mengikutsertakan jalurnya adalah Kecamatan Benai dan Pangean maisng-masing 19 jalur dan 13 jalur.
Seterusnya, Kecamatan Gunung Toar dan Kuantan Tengah masing-masing mengutus 9 jalur, disusul Kuantan Hilir dan Sentajo Raya yang mengutus 7 jalur. Kemudian diusul Kuantan Hilir Seberang yang mengutus 3 jalur, dan Kuantan Mudik dan Inuman masing-masing mengutus 2 jalur. Terakhir, satu jalur berasal dari Logas Tanah Darat.

Dari hasil undian hari pertama jalur andalan Kecamatan Pangean Siposan Rimbo RAPP harus berhadapan dengan rivalnya yakni Silancar Air Teluk Pauh sama- sama dari Kecamatan Pangean. Begitu juga jalur andalan yang juga mempunyai nama besar Ngiang Kuantan Cahayo Nagori Kampung Baru Toar hari pertama hilir ke 35 berhadapan dengan Jalur tuan rumah Koto Benai kecamatan Benai.

Pertarungan yang cukup sengit akan terjadi pada hari pertama hilir ke 27 yakni jalur andalan Kuantan Hilir Uphie Saghok Rimbo Dusun yang juga mempunyai nama besar bakal berhadapan jalur andalan kecamatan Kuantan Mudik yakni Batu Lompatan Harimau Kompe Kinali. Begitu juga pertarungan pada hilir ke 20 yakni jalur yang juga ditakuti yakni Delima Indah Permata Kuantan Saik Kuantan Mudik akan ditantang jalur Giring- Giring Rimbo Putri Maimbau Jaya Kopah Kecamatan Kuantan Tengah.

Seterusnya jalur yang tengah naik daun Guguak sati Longge Batuah Baserah Kuantan Hilir bakal berhadapan dengan jalur Atom muda Pendekar Pendulangan Simandolak Kecamatan Benai. Sedangkan Duri Bingkuang Rawang Panjang Pulau Kedundung Kuantan Tengah harus berhadapan dengan Jalur Power Agung Koto Gunung. Jalur andalzn Sentajo Raya Keramat Sati Alam Bagontar Pulau Komang Sentajo ditantang Jalur Gagak Itom Sungai Petapusan Binuaran Kuantan Hilir.  Sedangkan Jubah Merah 2014 Muaro Sentajo harus berhadapan dengan jalur Satria Muda Panglima Kuantan Lubuk Terentang Gunung Toar.
"Alhamdulillah, sejak pacu jalur ini dilaksanakan di Kecamatan Benai, tahun ini pesertanya paling banyak," kata Camat Benai, Drs Masnur Judin MM kepada wartawan, usai pelaksanaan technical meeting, di aula SMKN 1 Benai,Minggu  (2/7/2015) siang.

Camat berharap agar peserta pacu jalur menjaga sportivitas, merajut silaturrahim. Begitupula dengan masyarakat yang menyaksikan pacu jalur ini, diharapkannya mensukseskan even pacu jalur tradisional rayon III ini. "Mari sama-sama kita jaga keamanan dan kita sukseskan pacu jalur ini," ajak Masnur.

Menurut Masnur, pacu jalur kecamatan Rayon II akan dibuka oleh Bupati H Sukarmis.


"Insya Allah, sesuai jadwal Pak Bupati yang akan membuka. Mari kita semarakkan, dan kita ramaikan pembukaan pacu jalur rayon III ini," kata Camat Masnur Judin seraya mengajak.

Camat menghimbau seluruh masyarakat dan seluruh atlit jalur agar turut meramaikan dan menyemarakkan pembukaan pacu jalur rayon III ini. "Ini adalah olek kita masyarakat Kuansing, mari kita sukseskan," tutupnya. ( yus )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT