'Tornado' di Danau Dibawah Sumbar Rusak 2 Rumah

'Tornado' di Danau Dibawah Sumbar Rusak 2 Rumah
fhoto : detik.com


JAKARTA - Fenomena alam mirip tornado di Danau Dibawah di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), sempat bergerak ke lingkungan sekitar danau. Dua rumah warga rusak. Atapnya beterbangan.

"Rumahnya utuh. Atapnya yang kena (rusak). Itu rumah semi permanen," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Pagar Negara kepada detikcom, Jumat (24/7/2015).

Pagar menyebut fenomena alam itu sebagai kisaran angin. Mirip puting beliung, hanya bentuknya lebih kecil. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Senin (21/7).

"Ini baru pertama terjadi di kawasan sekitar danau," jelasnya.

Pagar menambahkan, tornado tidak gerak jauh. Hanya beberapa detik bergeser ke jalan, membawa terbang atap 2 rumah, lalu kembali ke danau.

Penampakan 'tornado' tersebut sempat direkam oleh Anggia Nila Permata. Video berdurasi 1 menit 53 detik itu diposting di facebook pada 21 Juli 2015 lalu. Anggia menulis keterangan: fenomena danau dibawah. Danau 'dibawah' bersebelahan dengan danau 'diatas'. Oleh warga setempat, keduanya disebut danau kembar.( sumber :L detik.com )

Berita Lainnya

Index