IKC se-Indonesia dan Warga Cerenti Sampaikan Aspirasi Pada Bupati

IKC  se-Indonesia dan Warga Cerenti Sampaikan Aspirasi Pada Bupati
Bupati H Sukarmis saat hadiri halal bi halal ICK dan warga Cerenti. ( ktc )
TELUK KUANTAN - Ikatan Keluarga Cerenti  ( IKC ) se-Indonesia dan warga Cerenti dikampung halaman menyampaikan sejumlah aspirasi pembangunan kepada Bupati dalam rangka memajukan kecamatan ini.
Aspiasi ini merupakan salah satu hasil dialog IKC bersama warga Cerenti usai  acara halal bi halal IKC dan warga Cerenti, Selasa ( 21/7/2015 ) lalu di Pasar Cerenti. 
" Ada aspirasi pembangunan, budaya, ekonomi kerakyatan dan pariwisata yang disampaikan warga Cerenti perantauan dan kampung halaman untuk pak Bupati, dialog dilaksanakan usai halal bi halal yang dihadiri Bupati, namun dalam dialog Bupati tidak hadir,"ujar anggota DPRD Kuansing, Musliadi, S.Ag kepada wartawan usai dialog tersebut.
Aspirasi tersebut antara lain pembangunan rumah godang suku Melayu, Piliang, Domo dan suku lain. " Usulan warga Cerenti dilaksanakan dalam satu kompleks seperti di Taluk Kuantan, akan menjadi tempat berkumpul sekaligus asset budaya,"ujarnya.
Kemudian pembenahan danau Sikuran di desa Tanjung Medan dan pemugaran candi di desa Pulau Jambu.
" Ini asset wisata di Cerenti, masyarakat Cerenti minta danau Sikuran dibenahi dan candi dipugar agar menjadi icon pariwisata di Kuansing khususnya di Cerenti untuk menambah pendapatan warga,"ujarnya.
Aspirasi lainnya ujar Musliadi, penataan tapal batal antara kecamatan Cerenti dengan kecamatan tetangga lain, karena masih terdapat silang sengketa yang perlu diperbaiki dan diluruskan agar tidak menimbulkan permasalahan kedepannya.
Seterusnya, kata Musliadi usulan pencabutan HGU perusahaan di Cerenti yang tidak memberi kontribusi kepada masyarakat seperti PT Wana Jingga Timur. " Sedangkan untuk PTPN V diminta untuk memberi konribusi nyata,"ujarnya.
Terakhir hasil dialog tersebut juga berencana membentuk yayasan. " Bagi warga Cerenti di perantauan dan dikampung halaman yang ingin menyumbang bagi kampung halaman dapat menyumbang ke rekening yayasan,"imbuhnya.

" Inilah hasil dialog komponen masyarakat Cerenti dan akan disampaikan kepada Pak Bupati agar dapat ditindaklanjuti dan hasil ini akan Kita sampaikan segera kepada beliau ( Bupati),"ujarnya. ( isa  )

Berita Lainnya

Index