Festival perahu Baganduang. ( ktc )

Minggu, Warga Lubuk Jambi Gelar Festival Perahu Baganduang

Minggu,18 Juli 2015 - 05:02:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

TELUK KUANTAN - Minggu ( 19/7/2015 ) siang, masyarakat Lubuk Jambi akan menggelar festival Perahu Baganduang. 13 buah perahu baganduang akan meramaikan salah satu tradisi besar di Lubuk Jambi yang senantiasa digelar pada lebaran Idul Fitri di Pendopo Muko Lobuah dibawah jembatan Lubuk Jambi.

Pelaksanaan festival perahu Baganduang merupakan kesepakatan elemen masyarakat mulai dari ninik mamak, pemuka masyarakat, mahasiswa, pramuka dan KNPI dan pemuda setempat untuk mempertahakan tradisi turun temurun ini. Direncanakan pelaksanaan fertival budaya dan tradisi yang juga salah satu eent pariwisata budaya di Kuansing ini akan berlangsung dengan meriah.

Festival perahu Baganduang tidak hanya ditunggu oleh masyarakat  Lubuk Jambi dan sekitarnya namun juga masyarakat Kuansing  sebagai salah satu hiburan menarik selama lebaran Idul Fitri. Sebab selain dapat menyaksikan aneka perahu Baganduang yang telah dihias semenarik mungkin,  juga dimeriahlkan dengan bunyi-bunyian dari meriam dan mercon yang membuat suasana semakin meriah.

" Kita bertekad mempertahankan tradisi perahu Baganduang sebagai salah satu aset budaya dan pariwisata di Kuansing yang dimiliki warga Lubuk Jambi"ujar Ryan dari Forum Mahasiswa Kuantan Mudik sebagai salah satu penyelenggaran festival Perahu Baganduang tahun ini.

Momentum festival perahu Baganduang tahun ini ujarnya, juga akan dijadikan sarana untuk bersama-sama menyumbang pemikiran untuk melestarikannya dimasa-masa yang akan datang.

" Kami mengajak seluruh masyarakat Kuansing baik yang dikampung atau diperantauan untuk menyaksikan tradisi ini yang akan dimulai pukul 13.00 hari Minggu ,"tutupnya. ( isa )

 


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT