Maskot Bang Jalur. ( ktc )

KPU Kuansing Tetapkan Bang Jalur Maskot Pilkada 2015

Rabu,23 Juni 2015 - 08:18:00 WIB
Share Tweet Google +

cELUK KUANTAN -KPU Kuansing, Senin ( 22/6/2015 ) melaunching maskot Pilkada 2015 dengan tema Bang Jalur. Launching dilakukan sempena Rakor KPU bersama pimpinan Parpol yang membahas tata cari pencalonan pasangan calon dari jalur Parol di aula KPU Kuansing.
Hadir saat itu Ketua KPU Kuansing, Firdaus Oemar, SH dan empat orang komisioner masing-masing Wigati Iswandhiari, ST, MM, Drs Dedi Erianto, Syafriadi, SH, M.Hum dan Indra Sukri, ST, Sekretaris KPU, Drs Yulizar, anggota Panwaslu Kuansing, Ependri, S.Sos dan sejumlah pimpinan Parpol.
Sebelum dilaunching, Divisi Sosialisasi, Pendidikan dan SDM, Wigati Iswandhiari menjelaskan, ada dua yang perlu diketahui masyarakat yakni maskot  dan slogan. " Kalau maskot Pilkada 2015 Bang Jalur, kalau slogan Pilkada Bajalur atau mewujudkan Pilkada berkualitas, aman, jujur, adil, langsung, umum dan rahasia,"ujarnya.
Maskot Bang Jalur bebernya menggambarkan sosok sebuah jalur.   Jalur  merupakan sampan panjang yang menjadi ikon budaya di Kabupaten Kuantan Singingi dan telah menjadi even tahunan
Mengenai unsur-unsur yang ada ujarnya, ikat kepala Bang Jalur yang merupakan ikat kepala anak pacuan jalur yang paling depan (togak luan) yang menjadi penentu arah atau penunjuk jalan jalur yang sedang berpacu, warna hijau kuning melambangkan warna logo Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan merah putih melambangkan bendera kebangsaan Indonesia.
Selanjutnya terang Wigati, motif pucuk rebung yang terdapat di ikat kepala Bang Jalur merupakan motif khas melayu Riau, melambangkan harapan baik,  sebab bambu merupakan pohon yang tidak mudah rebah oleh tiupan angin kencang sekalipun, mengartikan pelaksanaan pilkada berintegritas

Seterusnya motif Itik pulang petang, motif khas melayu Riau yang dilukiskan di sisi badan jalur menggambarkan tingkah laku hewan Itik yang selalu berjalan beriringan ketika petang hari akan pulang ke kandang. Tingkah laku berjalan beriringan serasi, bersahabat, kompak, bersama-sama, menjadi contoh bagi manusia akan arti kekompakan.
Kemudian jelas Wigati unsur Selembayung pada bagian ekor jalur melambangkan keperkasaan dan wibawa.

Tulisan Bang Jalur, mengartikan nama maskot. Posisi tulisan sama dengan yang biasanya terdapat pada badan jalur, tanggal 9 Desember  2015 merupakan tanggal pelaksanaan Pilkada Kuansing Tahun 2015

Riak air berwarna biru, melambangkan sungai Kuantan tempat perhelatan pacu jalur setiap tahunnya.
" Untuk maskot baru pertama kali digunakan dalam Pilkada Kuansing yang sudah dilaksanakan tiga kali masing_masing tahun 2006 , 2011 dan 2015, maskot Bang Jalur ditetapkan Sabtu ( 20/6/2015 ) dan dilaunching Senin,"ujarnya.
Penggunaan maskot sebutnya, merupakan upaya mensosialisasikan Pilkada melalui visual agar sosialisasi lebih efektif, untuk menginformasikan dan mengajak warga menggunakan hak pilih dengan cara yang mudah dan bersahaja dan mudah diingat.
" Maskot berbentuk gambar kan mudah menarik orang karena bentuk yang khas. Ini dianjurkan oleh KPU Riau dan menonjolkan kebudayaan daerah maka Kita beri nama maskot Pilkada Kuansing 2015 Bang Jalur,"pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT