Dua jalur sedang berpacu dihari pertama. (ktc )

Siposan Rimbo Kandaskan MOP Hari Pertama Pacu Jalur Uji Coba Pangean

Minggu,07 Juni 2015 - 06:08:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PANGEAN – Sorak sorai penonton membahana jalur Siposan Rimbo RAPP dari desa Pauh Angit Pangean sang jawara nasional 2014 berpacu dengan jalur jalur Meriam Onggang Parau ( MOP ) dari desa Kepala Pulau Baserah kecamatan Kuantan Hilir pada hari pertama even pacu ajang uji coba Pangean di Tepian Rajo Pangean, Minggu (7/6/2015). Turut menyaksikan laga ini, Bupati Kuansing H Sukarmis ditengah ribuan penonton.

Namun setelah berpacu dengan sengit dan sangat memuaskan para penonton, jalur Siposan Rimbo berhasil mengandaskan perlawanan jalur Meriam Onggang Parau yang beberapa waktu lalu keluar sebagai juara pacu jalur rayon I Inhu di Peranap.

Hilir keenam belas ini, memang sangat dinanti-nantikan penonton pacu jalur se-Kuansing. Sebab keduanya memiliki nama besar dan sangat disegani diberbagai arena pacu jalur, tidak hanya kecamatan namun juga event nasional. Mereka juga langganan menjadi juara baik diajang kecamatan maupun event nasional.
Selain Siposan Rimbo RAPP, 28 jalur lainnya juga berhak maju ke hari kedua yang digelar kecamatan Pangean dalam rangka HUT RI ke-70 tahun ini. Diantaranya, jalur Jitu Kuantan dari Inuman, Sembaran Olang Pulai dari Pangean.

Kemudian jalur Ombak Nyalo Simutu Olang dan jalur Linggar Jati JA RAPP dari Pangean juga melaju. Jalur unggulan lainnya yang melenggang ke hari kedua adalah jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang dan Uphae Saghok Ghimbo Dusun dari Baserah. jalur unggulan lainnya yang akan berpacu pada hari kedua yakni jalur kebanggaan masyarakat Inhu, jalur Panah Samudra Sutan Mudo dan jalur Seroja Indah Rawang Duri dari Baserah.

Pacu yang memperebutkan piala anggota DPRD Riau Indra Putra ST ini dibuka secara resmi oleh Sekda Drs H Muharman MPd yang didampingi oleh para pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Kuansing.

Dalam sambutannya, Sekda H Muharman mengapresiasi kekompakkan masyarakat Pangean yang menghelat even pacu jalur ditengah persoalan ekonomi yang mendera.

"Pacu jalur adalah warisan budaya tak bernilai. Dan masyarakat Pangean patut diapresiasi yang telah melaksanakan pacu untuk mempertahankan tradisi kita ini," ujar Sekda Muharman.

Bupati Sukarmis sendiri turut menyaksikan even pacu jalur yang dilaksanakan di Pangean. Tidak hanya bupati yang antusias, masyarakat juga antusias menyaksikan pacu jalur pacu jalur.

Para pernonton berjejal menyaksikan hilir demi hilir di lokasi pacu jalur. "Alhamdulillah, pelaksanaan even pacu jalur di Pangean hari pertama berjalan aman dan lancarn" ujar Camat Pangean Mastur SE.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT