Jalan Benai-Kukok yang Dibangun PT.RAPP Diserahterimakan ke Pemkab Kuansing

Jalan Benai-Kukok yang Dibangun PT.RAPP Diserahterimakan ke Pemkab Kuansing
Direktur PT RAPP menyerahkan prasasti pembangunan jalan Benai-Kukok kepada Bupati Sukarmis

TELUK KUANTAN - Jalan sepanjang 5 kilometer di wilayah Kecamatan Benai-Cerenti yang menghubungkan Pasar Benai ke kawasan Kukok, yang dibangun oleh PT RAPP akhir tahun 2014 lalu, sekarang sudah diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Rabu (3/6/2015) di kantor Camat Benai.

Sekarang ruas jalan tersebut sudah bisa digunakan oleh masyarakat Kuantan Singingi, setelah sebelumnya sulit dilalui karena kondisi jalan yang berlumpur di kala hujan. Jalan yang kini sudah beraspal itu juga sekarang telah merubah kebiasaan masyarakat yang tinggal di sepanjang Jalan  yakni kebiasaan selalu menutup pintu menjadi membuka pintu.

Bupati Kuansing, H.Sukarmis dalam sambutannya pada acara serah terima tersebut mengatakan bahwa perilaku masyarakat yang rumahnya berada di sekitar ruas jalan tersebut, sebelum diaspal tak pernah membuka pintu dan jendela lantaran debu yang sangat tebal selalu menghiasi rumah mereka.

"Sebelum Jalan ini diaspal, saya kasihan sama masyarakat yang duduk dirumah, di pinggir jalan. Rumah di sana tak pernah buka pintu karena kalau panas begini debunya sangat tebal, kalau hujan lumpur juga banyak. Sekarang setelah diaspal, Alhamdulillah saya sering main kesana, pintu dan jendela sudah terbuka, sudah ada gorden-gorden bagus di jendela mereka," kata Sukarmis.

Kondisi jalan yang sudah baik itu tak lepas dari kontribusi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dalam merealisasikan komitmen perusahaan kepada masyarakat. Setelah selesai diaspal, jalan Benai-Cerenti pun resmi diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kuansing.

Jalan Benai-Cerenti sepanjang lima kilometer ini merupakan akses jalan yang menghubungkan empat desa di wilayah Kuantan Singingi di antaranya Desa Talontam, Tebing Tinggi, Banjar Benai dan Kelurahan Benai.

Sukarmis mengatakan, pengaspalan Jalan Benai-Cerenti yang dilakukan RAPP memang sudah lama didambakan masyarakat karena bisa mendukung aktifitas mereka sehari-hari. Oleh karenanya Sukarmis bersyukur RAPP bisa memenuhi keinginan masyarakat Kuansing dan Benai.

"Pada hari ini RAPP berniat baik menyerahkan jalan untuk Kabupaten Kuansing dan semua orang. Jalan aspal ini yang didambakan dan diinginkan oleh masyarakat Kuansing," sambung Sukarmis.

Sukarmis pun menyatakan akan senantiasa mendukung segala program yang dijalankan RAPP di wilayah Kuansing. "Jalan ini telah menjadi aset Kabupaten Kuansing. Mari kita sama-sama pelihara jalan yang sudah dihibahkan RAPP. Perusahaan lain harus mencontoh RAPP yang berkiprah dan dekat dengan masyarakat. Pembangunan tidak hanya jalan, tetapi program CD juga telah dilaksanakan. RAPP menjalankan apa yang diminta masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Camat Benai, Masnur Judin yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan Jalan Benai-Cerenti yang telah diaspal bermanfaat bagi masyarakat dan berharap masyarakat bisa menjaga jalan tersebut dengan baik.

"Atas nama pemda dan masyarakat benai kami mengucapkan terima kasih kepada RAPP atas pengaspalan jalan yang dulu menjadi keluhan masyarakat dan kita sekarang juga berkewajiban merawat dan membuat jalanan itu supaya lebih baik lagi," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur RAPP, Mulia Nauli menuturkan anggaran yang dikeluarkan untuk pengaspalan jalan Benai-Cerenti sepanjang 5 Kilometer yakni sebesar Rp14,8 miliar. Mulia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kuansing terhadap keberadaan RAPP di Kuansing yang senantiasa diterima dengan baik.

"Perusahaan tidak bisa jalan sendiri. Kita butuh pemda dan masyarakat supaya hasilnya bermanfaat bagi kita semua. Kami sudah menganggap masyarakat Kuansing sebagai keluarga sendiri. Kami ingin tumbuh dan berkembang bersama masyarakat," kata Mulia.

Mulia berharap keberadaan Jalan Benai-Cerenti yang sudah diaspal bisa memperlancar aktifitas ekonomi masyarakat Kuansing. "Mudah-mudahan jalan tersebut bisa meningkatkan perekonomian desa yang dilalui jalan tersebut. Dan menjadi trigger pihak lain untuk membantu," tuturnya.

Salah seorang Tokoh Masyarakat Banjar Benai, Ardewis (59) bersyukur jalan tersebut sudah bisa dilalui dan memperlancar aktifitas mereka di desa.

"Kami atas nama masyarakat mngucapkan terima kasih kepada RAPP atas selesainya jalan ini. Memang ini yang sudah lama kami inginkan karena setiap hari kami menggunakan jalan ini. Mudah-mudahn hal semacam ini bisa mempererat silaturahmi perusahaan kepada kami masyarakat kuansing," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan warga Desa Siberakun, Rudi Hartono (42) dan Tokoh Pemuda Benai, Yulisman (51). Dia bersyukur jalanan yang berdebu kini sudah bisa dilalui dengan lancar.

"Memang masyarakat di Jalan Benai-Cerenti selama ini jarang buka pintu karena debu. Sekarang sudah tidak lagi. Kita merasa terbantu dan bersyukur. Semoga hubungan harmonis ini bisa terus terjalin dengan baik," katanya.

Acara ini dihadiri juga oleh Deputi Direktur RAPP, Rudi Tianda, Stakeholder (SHR) Manager Kuansing dan Kampar, Edy Yusuf, Estate Manager RAPP Cerenti, Rudiyanto, Social Security Manager, Matius Ewanto, Koordinator Program CD, Hartjahjo Ariawan, dan staf lainnya serta sejumlah karyawan dari estate-estate RAPP di Kuansing (Utr)

Berita Lainnya

Index