BEM Perintis UNIKS Minta Pemprov dan Pemkab Pugar Makam Buya Ma'rifat Madjani

BEM Perintis UNIKS Minta Pemprov dan Pemkab Pugar Makam Buya Ma'rifat Madjani
Pengurus BEM dan mahasiswa UNIKS saat berdoa dimakan Buya Ma'rifat Madjani. ( ktc )

 

TELUK KUANTAN  - Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) Perintis Universitas Islam Kuantan Singingi ( UNIKS ), mengadakan kunjungan sejarah ke makam tokoh  pendiri Provinsi Riau, Buya Ma’rifat Madjani , di desa Sungai Alah kecamatan Hulu Kuantan, Minggu ( 24/5/2015 ) lalu.

Kunjungan BEM Perintis UNIKS tersebut bagian dari memperingati Hari Kebangkitan Nasional ( Harkitnas ) tahun 2015. Selain berdoa mereka juga turut membersihkan makam  putra Kuansing dan putra Sumatera Bagian Tengah yang pertama menjadi anggota Parlemen ( sekarang DPR RI ) di Jakarta pada tahun 1955 tersebut.

Usai mengunjungi makan Buya Ma’rifat Madjani, para BEM  UNIKS merasakan kurangnya perhatian dari pemerintah provinsi dan  pemerintah kabupaten terhadap tokoh Riau ini.

“Sebagai agent of change ( agen perubahan ), Kami dari BEM UNIKS akan berkonsolidasi dengan aliansi BEM Se-Riau untuk sama sama mendesak Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten KuantanSingingi agar memugar makam buya Ma'rifat Madjani dan dijadikan cagar sejarah agar generasi-generasi muda mengetahui sejarah dan menghargai perjuangan perjuangan tokoh tokoh yang berjuang membentuk provinsi Riau, sehingga Kita menikmati hasilnya sekarang,’ujar Presiden BEM UNIKS, Heri Gusprendri dan  rekan-rekan kepada wartawan.

“ Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,”ujar Heri Guspendri menambahkan.

.Menurut Heri Guspendri dari catatan sejarah, Buya Ma’arifat Madjani merupakan anggota parlemen RI saat itu yang sangat vokal memperjuangkan berdirinya Provinsi Riau lepas dari Provinsi Sumatera Tengah.

“Alhamdulillah itu terwujud dan hingga sampai sekarang Riau menjadi Provinsi sendiri dan maju setara dengan provinsi  lain.”  Kebanggaan bagi Kita, anggota Parlemen Pertama dari Riau itu berasal dari Mudik Ulo Kabupaten Kuantan Singingi,”tutup Heri Guspendri.( isa )  

Berita Lainnya

Index