Minta Naker Lokal Diutamakan, DPRD Panggil Seluruh Perusahaan di Kuansing

Minta Naker Lokal Diutamakan, DPRD Panggil Seluruh Perusahaan di Kuansing
Suasana pertemuan anggota DPRD Kuansing dengan sejumlah pimpinan perusahaan yang beroperasi di Kuans

TELUK KUANTAN- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuantan Singingi meminta kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi agar mengutamakan tenaga kerja lokal atau putra tempatan. Hal ini disampaikan ketua DPRD Kabupaten Kuansing, Andri Putra, SH usai memimpin pertemuan anggota DPRD Kuansing dengan seluruh pimpinan perusahaan yang ada di Kuansing yang diselenggarakan, Senin (25/5/2015) di ruang rapat gedung DPRD Kuansing.

"Kita sengaja mengundang seluruh pimpinan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kuansing untuk mengetahui secara pasti sejauh mana perusahaan melakukan penyerapan tenaga kerja lokal. Ya, tadi kita minta masing-masing pimpinan perusahaan ini untuk memaparkan, berapa jumlah karyawan mereka dan berapa orang dari jumlah tersebut yang merupakan tenaga kerja lokal, meskipun belum seluruh perusahaan yang hadir memenuhi undangan kita hari ini,"ujar Andi.

Dari hasil pertemuan tersebut kata Andi, penyerapan tenaga kerja lokal yang saat ini dilakukan oleh masing-masing perusahaan masih jauh dari harapan, terutama untuk level top manejemen."Kita lihat masih jarang orang kita yang mengisi jabatan penting di perusahaan-perusahaan yang ada, seperti dilevel top majemen, paling hanya menduduki jabatan humas, kepala sekuriti. Ini yang ingin kita tekankan kepada seluruh perusahaan yang ada di Kuansing, karena Sumber Daya Manusia (SDM) di Kuansing saya rasa tidak akan kalah dengan daerah lainnya,"tegas Andi.

Oleh sebab itu, DPRD Kabupaten Kuansing secara kelembagaan, meminta kepada seluruh perusahaan yang ada di Kuansing agar memperhatikan masyarakat terutama di sekitar wilayah mereka beroperasi."Kita bukan mau rasial dan keluar dari konteks NKRI, tapi hendaknya filosopi dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung jangan diabaikan,"katanya lagi.

Apalagi saat ini kata Andi, ribuan mahasiswa asal Kabupaten Kuansing yang nantinya akan memasuki masa untuk mencari pekerjaan."Ini menjadi pemikiran kita, bagaimana mereka nanti, kalau berharap menjadi PNS tentu tidak akan terakomodir. Untuk itu kita minta kepada perusahaan mau memprioritaskan masyarakat Kuansing dalam hal penyerapan tenaga kerja,"sambungnya.

Berdasarkan data dari dinas sosial dan tenaga kerja Kabupaten Kuansing periode 2014, jumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Kuansing yang terdaftar sebanyak 174 perusahaan dengan rincian, kategori perusahaan besar yang memiliki lebih seratus orang karyawan berjumlah 28 perusahaan. Kategori perusahaan sedang yang memiliki jumlah karyawan 26-99 orang berjumlah 50 perusahaan, dan kategori perusahaan kecil yang jumlah karyawannya kurang dari 26 orang sebanyak 96 perusahaan.

Sementara itu, untuk jumlah penduduk di Kuansing sebanyak 365 090 jiwa dengan rincian, kategori penduduk usia kerja (usia 15 tahun keatas) sebanyak 295.447 jiwa, kategori penduduk angkatan kerja yang usianya 17-56 tahun sebanyak 224.447 jiwa, kategori penduduk bukan angkatan kerja (Ibu rumah tangga dan pensiunan) sebanyak 71.716 jiwa, penduduk yang bekerja sebanyak 147.957 jiwa (termasuk PNS), pengangguran terbuka, 3.914 jiwa, bekerja tidak tetap sebanyak 2587 jiwa dan pencari kerja yang terdaftar di dinsosnaker Kuansing sebanyak 4467 jiwa.(Utr)

Berita Lainnya

Index