Bupati Kuansing Resmikan Vihara Sriwijaya

Bupati Kuansing Resmikan Vihara Sriwijaya
Bupati Sukarmis resmikan Vihara Sriwijaya di Teluk Kuantan, Senin (18/5/2015)

TELUKKUANTAN - Bupati Kuantan Singingi, H.Sukarmis, Senin (18/5/2015) meresmikan pemakaian tempat ibadah Vihara yang diberi nama Vihara Sriwijaya yang terletak di kelurahan Sungai Jering Teluk Kuantan.

Ratusan warga Tionghoa pun ikut meramaikan peresmian Vihara Sriwijaya, yang diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp3 miliar lebih. Dengan adanya tempat ibadah ini, Bupati Sukarmis pun mengingatkan agar warga Tionghoa di Kuansing menjaga dan merawatnya.

"Pembangunan rumah ibadah dengan megah ini harus dijaga. Ini adalah aset. Saya rasa, tak kurang dari Rp3 miliar untuk membangun Vihara ini," ujar Bupati Sukarmis dalam sambutannya di acara tersebut.

Setiap agama menurutnya memiliki rumah ibadah. Tidak hanya untuk rumah ibadah umat Islam, Sukarmis juga mengaku, kalau dirinya juga membantu pembangunan Vihara dan rumah ibadah lainnya. "Saya tidak akan menghalangi kalau ada yang ingin mendirikan rumah ibadah, tentu harus sesuai dengan aturan yang ada," katanya.

Bupati mengapresiasi warga keturunan Tionghoa yang punya kreatifitas untuk membangun rumah ibadah yang megah di Kuansing. Jika diharapkan kepada pemerintah, dirinya yakin pemerintah tak akan sanggup membangun rumah ibadah semegah ini.

"Ini adalah kreatifitas dari saudara kita warga keturunan Tionghoa yang ingin memiliki rumah ibadah yang megah. Makanya, harus dijaga aset ini," ujarnya lagi.

Jika pemerintah disuruh membangun rumah ibadah semegah ini, katanya, pemerintah tak akan sanggup, karena keterbatasan anggaran. "Karena pemerintah tidak bisa membangun sesuai dengan selera masyarakat, karena anggaran yang terbatas. Kini, warga Tionghoa bisa membangunnya secara swadaya. Ini patut kita apresiasi," katanya.(Utr)

Berita Lainnya

Index