Disbun Kuansing : 450 Ha Bantuan Bibit Karet dari APBN Tidak Bisa Dilaksanakan

Disbun Kuansing : 450 Ha Bantuan Bibit Karet dari APBN Tidak Bisa Dilaksanakan
Ilustrasi. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Dinas Perkebunan ( Disbun ) Kabupaten Kuantan Singingi terpaksa harus mengembalikan program bantuan bibit karet dan pupuk yang didanai dari APBN, pasalnya peminat dari program ini sangat minim.

" Bantuan benih karet dan pupuk dari APBN tidak bisa kita laksanakan karena minim peminat dan terpaksa kita kembalikan,"ujar Kepala Bidang Pengembangan dan Produksi Dinas Perkebunan Kuansing, Emtoni kepada wartawan, Selasa ( 28/4/2015) kemaren.

Menurut Emtoni, Sekarang yang tinggi dan membludak peminatnya yaitu pada program bantuan bibit kelapa sawit, kalau karet terus menurun, karena banyak masyarakat yang beralih dari menanam karet ke kelapa sawit.

Apalagi ujar Emtoni, bantuan dari dana APBN tersebut terbatas pada bantuan benih dan pupuk. " Kalau warga bantuan karet yang diinginkan bibit karet, pupuk, pagar dan land clearing, seperti program pengembangan karet rakyat ( PPKR ) yang dilaksanakan Disbun Kuansing,"ujar Emtoni.

Untuk itu kedepan katanya, Disbun Kuansing akan mengusulkan kepada pemerintah pusat dan provinsi melakukan kajian mendalam soal bantuan-bantuan yang akan diberikan agar tidak mubazir karena tidak ada peminat.(Utr/Isa)

Berita Lainnya

Index