Sukses Kalahkan Siposan Rimbo Difinal, Meriam Onggang Parau Juara Pacu Jalur Rayon I Inhu di Peranap

Senin,26 April 2015 - 05:13:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUKKUANTAN- Pacu Jalur rayon I Kabupaten Indragiri Hulu yang diselenggarakan di arena pacuan Tepian Komang, Desa Pematang Selunak, Kecamatan Batang Peranap yang diikuti oleh 32 jalur yang berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kuantan Singingi, telah berakhir, Sabtu (25/4/2015) sore kemaren.

Di even yang cukup bergengsi tersebut, Jalur asal Kabupaten Kuantan Singingi, Meriam Onggang Parau dari Desa Kepala Pulau Baserah berhasil menjadi sang juara setelah dipartai final sukses mengalahkan jalur Siposan Rimbo RAPP dari Desa Pauh Angit Pangean yang notabenenya sama-sama berasal dari Kabupaten Kuansing.

Dari pantauan saat putaran final berlangsung, kekuatan fisik yang ditempa hampir selama satu bulan lebih, jalur Meriam Onggang Parau terlihat cukup kesulitan mengalahkan jalur sang juara nasional 2014 itu yang hanya 7 hari melakukan persiapan maksimal.

Namun jalur Meriam sedikit diuntungkan karena berpacu di lintasan sebelah kiri. Sehingga sang juara bertahan itu bisa mengambil jalan pintas untuk mencapai finish.

Sedangkan jalur Siposan Rimbo yang berada di lintasan kanan harus mengelilingi arena pacu yang memang berbentuk belokan. Dari jalannya perpacuan, sejak meninggalkan pancang awal, jalur Meriam memimpin atas haluan jalur Siposan. Berbekal dengan latihan maksimal selama 7 hari, kendati berada di jalan yang berat, jalur Siposan Rimbo bisa ambil alih kemenangan atas haluan jalur Meriam Onggang Parau memasuki pancang keempat hingga beberapa meter jelang finish. Namun akhirnya, haluan jalur Meriam Onggang Parau berhasil mencapai garis finis lebih awal.

Dengan hasil ini, jalur Meriam Onggang Parau berhak atas hadiah juara pertama berupa uang sekitar Rp15 juta. Sedangkan Siposan Rimbo berhak atas uang sekitar Rp11 juta. Sedangkan juara 3 dan 4 diraih oleh jalur Putri Bungsu Dubalang Hitam dari Redang Rengat Barat dan Tuah Kalojengking Mudo Indragiri dari Danau Baru Rengat.

"Kami bersyukur diberi rezki oleh Allah juara dua. Ini tanda Allah sayang sama kita. Alhamdulillah, dengan persiapan latihan maksimal yang hanya seminggu, bahkan ada yang tidak latihan, kita bisa raih juara dua. Kedepan tentu kita akan berusaha lebih giat lagi," kata Ajak, pelatih jalur Siposan Rimbo, usai laga final.

Ajak mengucapkan selamat kepada jalur Meriam Onggang Parau yang berhasil keluar sebagai juara pertama pada even tersebut.  "Sebagai juara bertahan, pastinya mereka lebih siap dan sudah melakukan persiapan hampir dua bulan untuk menghadapi pacu Peranap ini. Selamat," ucap Ajak.(Utr)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT