Hotel yang dibangun Pemkab Kuansing di jalan Proklamasi . ( ktc )

Tingkatkan Kunjungan, Pemkab Diminta Benahi Pariwisata dan Industri Kreatif

Minggu,12 April 2015 - 05:05:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Untuk meningkatkan kunjungan orang ke Kuansing yang memberi multif effect positif bagi masyarakat dan daerah, Pemkab Kuansing harus membenahi sektor pariwisata dan mendukung tumbuh kembang industri kreatif.

Hal tersebut dikatakan peminat masalah sosial kemasyarakat, Pazli Mahyudin, saat bincang-bincang dengan kuansing terkini belum lama ini.

" Kita punya sumber daya alam wisata yang baik, baik alam dan budaya serta kuliner, kegiatan olahraga menantang dan hobi , itu harus dibenahi, karena itu yang akan mendorong orang untuk berkunjung, orang kalau sudah hobi kemana saja pasti diikuti,"ujarnya.

Untuk itu sarannya objek wisata seperti air terjun Guruh Gemurai, Batang Koban, pemandian air panas di Saik, air terjun di Singingi, kompleks rumah godang disetiap kenegerian perlu dibenahi, baik akses serta sarana prasrana baru yang menunjang seperti beragam alat permainan.

" Sudah saatnya dibenahi, Kita sudah ada hotel Kuansing yang baik dan representatif nantinya, ada puluhan wisma untuk menunjang kedatangan orang dari luar, restoran Kita juga punya ada yang besar seperti Sederhana dan yang kecil,"ujarnya.

Disamping itu industri kreatif seperti event organizer dan kegiatan hobi juga perlu dukung. " APBD harus dialokasikan untuk kegiatan even organizer, baik olahraga, budaya, kesenian atau pertemuan antar instansi pemerintah se-Riau,"ujarnya.

Begitu juga katanya dengan kegiatan-kegiatan hobi perlu difasilitasi." Baik hobi sepeda motor, mobil untuk adventure, arung jeram, hobi berburu, mancing, permainan tradisional, hobi-hobi lainnya perlu disokong, orang kalau sudah hobi kemana saja akan ikut dan uang tak masalah, "ujarnya.

Ia menilai kota Teluk Kuantan salah satu kota yang memiliki geografis indah untuk provinsi Riau. " Ada sungai, ada bukit , masih banyak pohon ( hijau ) yang jarang dimiliki kota-kota lain, sudah mirip kita di Sumbar,"ujarnya.

Agar kesan sebagai kota tujuan wisata semakin terasa, Ia menyarankan ornamen kota diperbanyak, seperti air mancur, taman, ruang terbuka hijau. " Bahkan ornamen-orname tradisional khas Kuansing dipajang di perempatan dan pertigaan, sehingga nuansa budaya kian terasa, kalau kota lain kan sudah banyak Ruko bikin stress, Teluk Kuantan hendaknya meniru Bali dan Yogya dimana nuansa lokal demikian terasa,"pungkasnya. ( mad )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Turap Ambruk Karena Faktor Alam

Sabtu,22 September 2012