Tong Sampah . ( isa )

Dinas PKP Programkan Bank Sampah di Sekolah

Jumat,22 November 2012 - 08:58:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

TELUKKUANTAN  – Sedikitnya dua sekolah di Kuantan Singingi akan dipercaya sebagai pioneer Bank Sampah. Kedua sekolah ini nantinya akan bekerja sama dengan Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan.

 

Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan Kuansing, Japrinaldi mengungkapkan, kedua sekolah itu masing-masing SMK Negeri 2 Telukkuantan dan salah satu SD Negeri di Kenegerian Kari, Telukkuantan.

 

Menurut Japrinaldi, kedua sekolah ini dipilih berdasarkan hasil pemantauan sementara. Kedua sekolah ini dinilai memiliki tingkat kedispilnan yang tinggi. “ Program Bank Sampah ini hanya bisa dilaksanakan di sekolah yang memiliki manajemen baik dan tingkat kedisplinan yang tinggi,” kata mantan Kabag Umum Setda Kuansing ini.

 

Lebih jauh Japrinaldi memaparkan, dalam implementasinya nanti, setiap siswa diwajibkan membawa sampah ke sekolah setiap hari. Sampah itu ditimbang lalu dibayar sesuai tarif yang ditetapkan.  “ Sampah yang dibawa siswa itu nanti dibayar oleh manajemen Bank Sampah yang juga dipilih dari siswa masing-masing sekolah,” kata Japrinaldi. .

 

Sampah yang dikumpulkan di Bank Sampah menurut Japrinaldi nantinya diserahkan ke Dinas PKP. Lalu Dinas PKP memproses sampah itu menjadi pupuk kompos. Pemasaran pupuk kompos nantinya juga menjadi tanggungjawab Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan. “ Jadi kami di Dinas PKP, nanti juga akan memproduksi pupuk kompos. Bahan baku pupuk kompos sebagian tentu dari Bank Sampah,” terang Japrinaldi.

 

Japrinaldi sangat optimis dengan program Bank Sampah ini.  Apalagi peralatan untuk memproduksi sampah menjadi pupuk kompos relatif murah hanya sekitar Rp 12 juta. Sementara manfaatnya sangat besar. Setidaknya kata Japrinaldi Bank Sampah akan membentuk prilaku siswa untuk peduli dengan kebersihan lingkungan


..” Jika prilaku ini sudah menjadi budaya dikalangan siswa, nantinya masyarakat Kuansing juga akan tergiring untuk peduli kebersihan lingkungan,” kata Japrinaldi. ( isa )





Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT