Peserta gotong royong jajaran Pemkab di TPA dibriefing sebelum bekerja. ( ktc )

Selangkah Lagi Kuansing Raih Adipura

Sabtu,14 Maret 2015 - 05:33:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) bersama lima kabupaten dan kota di Riau lolos ke tahap penilaian kedua ajang piala Adipura tahun 2015. Itu artinya negeri jalur ini selangkah lagi akan meraih Adipura.
" Alhamdulillah lolos ke putaran kedua bersama dengan Siak, Dumai, Bengkalis, Pekanbaru dan Kampar serta Pelalawan,"ujar Sekretaris Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan Kuansing, Azhar, SE , Jumat ( 13/3/2015 ) diruang kerjanya.
Menurut Azhar Kuansing dapat lolos ke putaran 2, setelah di putaran 1 berhasil meraih nilai sebesar 71,5. " Untuk lolos harus diatas 70, sementara untuk meraih Adipura gabungan nilai penilaian pertama ( P1 ) dan penilaian kedua ( P2 ) nilai-nilai rata-rata yang harus didapatkan 75,"ujarnya.
Untuk itu ujar Azhar, pada penilaian kedua ini  Kuansing harus mendapatkan nilai minimal 79. Karena itu masih banyak yang perlu dibenahi untuk meningkatkan penilaian tahap dua piala Adipura.

Dibeberkan Azhar, kekurangan Kuansing pada penilaian tahap pertama masalah pemilahan dan pengolahan sampah. Padahal salah satu bobot penilaian tinggi terdapat pada TPA ( tempat pembuangan akhir ) . Adapun kekurangan TPA berdasarkan hasil evaluasi adalah pos pencatatan belum ada, TPA belum dipagar dan harus ada gapura dan adanya rumah kompos.
Untuk memenuhi kekurangan tersebut lanjutnya, Pemkab berusaha semaksimal mungkin memanfaatkan waktu yang ada untuk melengkapi kekurangan tersebut. Kadis Pasar Kebersihan dan Pertamanan Kuansing telah melakukan koordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup dan Satpol PP untuk sama-sama membantu membenahi kekurangan tersebut.
Salah satu tindak nyata ujarnya, pada hari Kamis ( 12/3 /2015) lalu dilakukan gorotng royong bersama dan pemagaran TPA oleh pegawai DPKP, Satpol PP dan pegawai BLH.   Saat ini untuk pagar, pos pencatatan dan gapura sudah berhasil dibangun, dan tinggal bangunan pengomposan.

" Untuk itu pada hari Selasa ( 10/3/2015 ) lalu dilakukan ekpose dan evaluasi hasil dari penilaian P1 diruang rapat Bappeda yang langsung dipimpin Pak Sekda,"ujarnya.
Dalam kesempatan itu ujarnya, berharap stake holder yang berkaitan dengan penilian Adipura, harus bekerja dengan maksimal dan betul-betul serius mempersiapkan tahap P2 ini.
Menurut Azhar, pelaksanaan penilaian tahap dua akan dilakukan pada minggu terakhir bulan Maret . " Mari semua kalangan masyarakat bersama-sama memberi dukungan pada upaya meraih piala Adipura ini,"ujarnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT