Anak Angklung SMA 2 Singingi Hilir Sampaikan Aspirasi Lewat Lagu

Anak Angklung SMA 2 Singingi Hilir Sampaikan Aspirasi Lewat Lagu

TELUK KUANTAN- Penampilan para siswa SMA 2 Singingi Hilir yang tergabung dalam kelompok seni angklung pada pembukaan Musawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Singingi Hilir, Senin (2/3/2015) lalu di halaman kantor camat Singingi Hilir membuat acara yang dihadiri langsung oleh Bupati Kuansing, H.Sukarmis menjadi semakin meriah.

Apalagi saat menampilkan seni musik angklung yang dipadukan dengan nyanyian dan tarian tersebut, mereka menyelipkan beberapa bait nyanyian yang berisikan aspirasi para siswa dan masyarakat Singingi Hilir yang ditujukan langsung kepada Bupati Sukarmis. Mendengar bait-bait lagu ini sontak seluruh peserta Musrenbang tepuk tangan sangat meriah. Berikut beberapa lirik lagu anak-anak angklung SMA 2 Singingi Hilir.

"Yang terhormat bapak pejabat, sudah pasti bapak orang barado, bagaimano kami bisa nak sehat, rumah sakit kami olun bapunyo".
"Layang2 turun tatukiak, rami urang nan mangintainyo, bapo kami nak kan codiak, sekolah kami labor ndak punyo".
"Burung kenari si burung pipit, tobang nyo tinggi di udaro, pinggang kodok maraso sakit, dek ulah jalan banyak lubangnyo".
"Kepasar rakyat beli bakiak, sandal bakiak murah hargonyo, bukan kami ndak tau kostum nan rancak, tapi seragam angklung kami olun ado punyo".
"Jalan-jalan ke sentajo, sentajo kampung bapak bupati, banyak hal yg kami raso, mohonlah dongar sepenuh hati".

Kreatifitas anak-anak angklung tersebut spontan disambut tepuk tangan dan gelak tawa oleh seluruh peserta Musrenbang, begitu juga dengan Pak Bupati yang senyum lebar melihat dan mendengar penampilan dan aspirasi anak-anak angklung.

Sementara itu, Bupati dalam arahannya menyampaikan rasa senang dan bangga kepada warga Singingi Hilir. "saya sangat senang karena warga Singingi Hilir sangat kompak,"ujarnya.

Lalu tak mau ketinggalan, Bupati juga membacakan sebuah pantun : "Sungguh enak musik angklung, dimainkan disiang hari, semua aspirasi kami tampung, kita saksikan dikemudian hari".

Mendengar aspirasi dari anak-anak angklung tersebut, Bupati langsung menjawab. "Pertama, soal rumah sakit rawat inap. Rumah sakit rawat inap kita pemkab dan pemprov sudah komit akan bangun di Desa Koto Baru tahun 2016 nanti dengan dana 37 M. Selanjutnya labor SMA 2 juga akan kita bangun, termasuk juga pembangunan 6 SD di Singingi Hilir tidak ada alasan lagi untuk tidak dibangun, mohon dinas pendidikan itu dicatat. Lalu soal jalan, tahun ini kita dapat dana 10 M dari APBD Riau, akan kita bangun jalan poros Koto Baru-Suka Maju tahun ini. Semoga jalan-jalan belobang bisa tetutup nantinya. Satu lagi soal baju angklung, Jangan lupa pak Sekda, masukan di APBD, belikan anak-anak baju angklung, tak mahal itu" katanya dan dari kejauhan tampak Sekda mengajungkan jempol ke arah Pak Bupati.(Utr)


Berita Lainnya

Index