PKPI, PKB dan PBB Isyaratkan Dukung Mardjan Ustha

PKPI, PKB dan PBB Isyaratkan Dukung Mardjan Ustha
Mardjan Ustha. ( ktc )


TELUK KUANTAN - Sejumlah Parpol terus menjajaki komunikasi untuk membangun kesepahaman atau koalisi dalam menghadapi Pilkada Kuansing yang direncanakan Desember 2015 mendatang, termasuk tiga Parpol masing-masing Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ), Partai Bulan Bintang ( PBB ) dan Partai Kedilan dan Persatuan Indonesia. Koalisi ini memberi sinyal bakal mendukung mantan Direktur Umum PTPN V, Ir H Mardjan Ustha, MM sebagai calon Bupati.
" Tiga Parpol masing-masing PKB, PBB dan PKPI membangun kesepahaman dalam menghadapi Pilkadam salah satu yang serius dengan koalisi ini adalah Pak Mardjan Ustha,"ujar Ketua PKPI Kuansing, Raden saat bincang-bincang dengan wartawan, Selasa ( 3/3/2015 ) siang.
Menurutnya, PKPI sendiri cenderung akan mendukung putra Baserah tersebut menjadi calon Bupati dari koalisi tiga Parpol ini. " Namun itukan baru dari PKPI, karena masing-masing Parpol juga akan mengajukan calon bupati dan wakil sebelum benar-benar diputuskan secara bersama-sama,"ujarnya.

Menurut Raden, Mardjan Ustha dianggap memiliki pengalaman dalam Pilkada, sebab adiknya Endrianto Ustha sempat maju bersama Raja Erisman di Pilkada 2006 yang lalu. " Walaupun adiknya yang maju tentu dia juga ikut serta mendukung dan berpengalaman soal itu,"ujarnya.

Seterusnya ujar Raden, PKPI juga akan menginventarisir figur-figur yang akan menjadi calon Wabup. Kalau Mardjan Ustha dari hilir, tentu saja calon wakilnya dari bagian tengah, hulu dan eks Singingi. " Kalau Pak Marjan berkomitmen, untuk wakil diserahkan kepada Parpol pendukungnya,"ujar Raden.

Raden berharap koalisi ini dapat segera terbentuk secara resmi dan mendeklarasikan pasangan calon sehingga dapat memberi kepastian, seterunya pasangan calon dan Parpol serta jaringan langsung terjun kelapangan melakukan sosialisasi untuk mendapat dukungan publik.

Ia juga mengakui sempat akan maju, namun tentu saja melihat kondisi dan peta politik serta arah dukungan masyarakat.  

Hal yang sama diamini oleh Ketua PKB Kuansing, Musliadi. Menurutnya, ketiga Parpol ini memang hampir mendekati kesepakatan soal koalisi. Ia juga mengakui, Marjan Ustha salah satu calon yang serius membangun komunikasi dengan ketiga Parpol ini." Pak Mardjan Ustha sudah mendekati dan berkomunikasi dengan PKB, Kita bahkan sudah ke DPP PKB di Jakarta bersama beliau,"ujarnya.

Hanya saja kata ketua Komisi A DPRD Kuansing tersebut, DPP PKB mendaulat dirinya untuk maju menjadi Cabup. Dan oleh DPP PKB dirinya ditugasi mencari perahu tambahan karena kursi PKB hanya tiga, sementara yang dibutukan minimal 7 kursi. Karena itu diantara ketiga Parpol ini membangun kesepahaman .

Seterusnya ujar Musliadi, diantara ketiga Parpol ini juga memiliki Cabup masing-masing. " PKPI ke Pak Mardjan Ustha, PBB pak Elpius dan PKB Saya, karena itu nantinya siapa yang akan jadi Cabup disepakati Parpol-parpol ini, Bisa Pak Mardjan, bisa Saya bisa Pak Elpius,"ujarnya.

Karena untuk menjadi calon Bupati tentu tidak berdasarkan tekad semata, namun juga kemampuan dari banyak hal untuk menunjang pencalonan dari tahap awal hingga akhir." Nanti akan dilihat kemampuan masing-masing figur soal kemampuan dari berbagi sisi ini baru diumumkan, kalau nanti forum menganggap Pak Madrjan Ustha dan Pak Elpius yang layak ya Kita siap mendukung,"ujarnya.

Sementara itu ketua DPC PBB Kuansing, Agus Samad belum dapat dihubungi terkait rencana membangun koalisi ini termasuk pencalonan ini. Hanya saja beberapa waktu lalu, mantan ketua DPC PBB Kuansing, Elpius juga bertekad maju dalam Pilkada. Mantan wakil ketua DPRD Kuansing itu juga tengah membangun komunikasi dengan Parpol lain terkait pencalonan dirinya tersebut.( isa/utr )

Berita Lainnya

Index