Bupati Soroti Tentang Bahaya Narkoba

Bupati Soroti Tentang Bahaya Narkoba

TELUK KUANTAN - Bupati Kuantan Singingi, H Sukarmis mengingatkan semua elemen masyarakat akan ancaman bahaya narkoba bagi generasi muda di Kabupaten Kuantan Singingi.

"Narkoba adalah persoalan sosial yang sangat membahayakan bagi generasi muda kita, dan ini harus kita cegah," ujar Bupati Sukarmis dalam sambutannya saat membuka musrenbang di Kuantan Tengah, Selasa (3/3/2015) pagi.

Buktinya narkoba menjadi persoalan sosial yang mengancam generasi mendatang, katanya, di lembaga pemasyarakatan mayoritas warga binaan itu berasal dari kasus narkoba yang menjeratnya.

"Dimana-mana narkoba. Ini sudah membahayakan. Coba lihat ke LP, mayoritas penghuninya adalah dari kasus narkoba. Kondisi ini sangat memperihatinkan sekali," katanya.

Oleh karena itu, katanya, tanggungjawab semua pihak untuk mencegah merebaknya narkoba di tengah masyarakat, mulai dari diri sendiri, orang tua, keluarga.

"Awasi gerak-gerik anak kita, kalau ada yang mencurigakan tanya dia, sehingga anak-anak kita itu tidak larut dalam permainan narkoba. Ini harus bermula dari keluarga," katanya.

Sementara itu, sekolah juga harus berperan aktif dalam mengawasi anak didiknya dalam bersikap dan berperilaku. Kepala sekolah dan guru, disarankannya harus mampu mencegah anak didiknya dari barang haram tersebut.

"Kita harus menyatakan perang terhadap narkoba, karena ini jelas merusak generasi penerus kita. Orang tua harus sering-sering awasi anaknya, guru dan kepala sekolah pun harus memantau perkembangan anak dan memastikan anak didiknya itu bebas dari narkoba," ingat Sukarmis.(Utr)

Berita Lainnya

Index