Pemacu jalur Sembaran Olang Pulai dan Siposan Rimbo bersalaman usai putaran final. ( ktc )

Kalahkan Siposan Rimbo, Sembaran Olang Pulai Juara Uji Coba Jalur Baru di Pangean

Senin,01 Maret 2015 - 05:27:00 WIB
Share Tweet Google +


PANGEAN  - Jalur Sembaran Olang Pulai dari Desa Rawang Binjai Pangean berhasil keluar sebagai juara pertama pada ajang uji coba jalur-jalur baru, yang  dilaksanakan di Tepian Rajo, Kecamatan Pangean, Sabtu (28/2/2014).

Jalur buatan tahun 2014 itu memastikan diri keluar sebagai pemenang uji coba jalur baru yang ditaja oleh mahasiswa KKN Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning(Unilak) bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Pangean dan Forum Kepala Desa se-Pangean setelah berhasil menundukkan jalur Siposan Rimbo dari Desa Pauh Angit Pangean di putaran final.

Laga final ini disaksikan Camat Pangean Mastur SE, anggota DPRD Kuansing Sastra Febriawan SPi MSi, Kapolsek Pangean AKP Lumban G Toruan dan para kepala desa serta para dosen Unilak dan ribuan penonton yang berjubel di sepanjang Tepian Rajo Pangean.

Dari pantauan, kedua jalur saling kejar mengejar dari star hingga finish. Jalur Siposan Rimbo yang berada di jalan sebelah kanan sempat memimpin hingga 10 meter jelang finish. Namun berbekal semangat dan fisik yang ditempa oleh anak pacuan Sembaran Olang Pulai sejak satu bulan terakhir ini, akhirnya berhasil menundukkan 'adik kandung' dari jalur sang juara nasional 2014, yakni Siposan Rimbo RAPP.  Dengan hasil ini, Siposan Rimbo berhak menempati juara dua.
Sebelum melaju ke putaran final, masing-masing jalur berhasil menghempaskan lawan-lawannya. Sembaran Olang Pulai sukses memupus harapan jalur Pangeran Olang Pulai dari Dusun Penghijauan Pasarbaru Pangean. Sedangkan Siposan Rimbo berhasil mematahkan asa juara jalur baru Ombak Nyalo Simutu Olang dari Desa Pulau Tengah Pangean.

Kemudian, untuk menentukan juara tiga dan empat dipacukan antara Ombak Nyalo dan Pangeran Olang Pulai. Dengan mudahnya jalur Ombak Nyalo ini mengalahkan jalur kebanggaan masyarakat Penghijauan ini, karena jalur tersebut mengalami insiden, karam. Dan Ombak Nyalo pun berhak menempati juara tiga disusul jalur Pangeran Olang Pulai di peringkat empat.

Sedangkan peringkat kelima ditempati jalur semata wayang dari Kecamatan Kuantan Hilir, jalur baru, jalur Cucuong Datuok. Jalur binaan pengusaha sukses asal Kuantan Hilir, H Khairun ini berhasil mengalahkan lawan-lawannya yang kalah di delapan besar.

Dan jalur Toduang Kuantan dari Desa Tanah Bekali Pangean harus puas di peringkat keenam. Disusul duo jalur dari Desa Pauh Angit Hulu menempati rangking tujuh dan delapan, masing-masing jalur Biso Lawa Jantan dan Syah Sumbar Kunnik.

Setiap pemenang berhak atas hadiah berupa uang dari panitia, mahasiswa Unilak dan sumbangan dari berbagai pihak. "Terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah mendukung suksesnya pacu jalur-jalur baru di Pangean," kata Camat Pangean, Mastur SE, disela menyaksikan pacu jalur.( yus )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT