Sambangi Warga Singingi dan Singingi Hilir, Bupati Sukarmis Janji Bangun Jembatan Desa Pulau Padang

Sambangi Warga Singingi dan Singingi Hilir, Bupati Sukarmis Janji Bangun Jembatan Desa Pulau Padang
Rombongan Pemkab Kuansing saat melakukan touring ke Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir

TELUK KUANTAN- Rombongan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi yang dipimpin langsung Bupati H.Sukarmis, Jumat (27/2/2015) kemaren kembali melakukan touring dengan mengusung tema "Tour the Kuansing dalam rangka jaring aspirasi masyarakat". Kali ini rombongan mengambil rute di kawasan Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir.

Dengan menggunakan kenderaan double gardan, rombongan berangkat dari Teluk Kuantan melintasi Desa Logas dan Logas Hilir memasuki jalan tanah di kawasan hutan. Kemudian rombongan singgah di Desa Pulau Padang Kecamatan Singingi.

Kedatangan rombongan Bupati tersebut disambut antusias oleh warga masyarakat Desa Pulau Padang termasuk Camat Singingi, Kepada Desa Pulau Padang, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Sambil istirahat melepas lelah, terlihat Bupati dan rombongan disuguhi kelapa muda oleh warga masyarakat Pulau Padang.

Momen kedatangan orang nomor satu di Kuansing itu pun tidak disia-siakan warga. Dalam kesempatan tersebut, sejumlah tokoh masyarakat langsung menyampaikan aspirasi dan keinginan mereka kepada Bupati yaitu pembangunan jembatan penyeberangan sungai Sialang yang berada di Desa mereka.

"Tidak dapat permanen, jembatang gantung seperti di desa Sawah Teluk Kuantan itu jadi lah. Karena aktifitas ekonomi warga, mulai dari petani karet maupun petani sawit saat ini sangat banyak menuju kawasan di seberang sungai,"ujar salah seorang tokoh masyarakat desa Pulau Padang saat itu.

Kemudian ia menambahkan, karena tidak ada jembatan, sampai saat ini mereka hanya memanfaatkan kompang penyeberangan atau perahu yang dikayuh dengan tenaga manusia." Ini tentunya sangat menyulitkan kami, padahal pembangunan jembatan ini sudah kami usulkan sejal 2004 silam,"ujarnya menambahkan.

Mendengar keinginan masyarakat tersebut, Bupati Sukarmis langsung merespon dengan menanyakan kepada Kepala Desa, berapa lebar badan sungai dan berapa panjang jembatan yang dibutuhkan serta berapa kilometer jalan dari kampung sampai ke sungai ini.

Ketika itu, dengan mantap Kades Pulau Padang menjawab bahwa lebar sungai lebih kurang 50 meter dan panjang jembatan yang dibutuhkan lebih kurang 80 meter. Kemudian jarak jalan dari Desa ke sungai yang belum diaspal lebih kurang 1,5 kilometer.

"Insya Allah jembatan ini akan kita bangun secepatnya. Selama ini beritanya tidak sampai kepada saya,"tegas Bupati.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Bupati beberapa kali mengulangi pernyataannya bahwa jembatan ini pasti akan segera dibangun.

Untuk lebih meyakinkan kalau dirinya akan segera merealisasikan janjinya tersebut, dalam kesempatan itu juga Bupati langsung memanggil kepala dinas terkait yaitu dinas Bina Marga untuk melihat lokasi jembatan yang diinginkan masyarakat.

Usai berdialog dan menampung aspirasi warga Desa Pulau Padang, rombongan Bupati kemudian melanjutkan perjalanan dengan menyeberangi Sungai Singingi yang jernih lalu melintasi perkebunan sawit warga dan hutan, keluar di Desa Petai untuk menuju Desa Bukit Raya Kecamatan Singingi Hilir lokasi camping Bupati dan rombongan.(Utr)



Berita Lainnya

Index