Ketua KPU Kuansing, Firdaus Oemar, SH. ( ktc )

KPU Kuansing Optimis Anggaran Pilkada Kuansing 2015 Tersedia

Senin,23 Februari 2015 - 04:00:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kuansing mulai menyusun anggaran untuk Pilkada Kuansing 2015. Baik yang akan bersumber dari APBN maupun dari APBD Kuansing. KPU Kuansing optimis masalah dana akan tuntas, walaupun banyak kalangan mempertanyakan sumber pendanaan untuk Pilkada disaat APBD murni 2015 sudah disyahkan dan belum mengalokasikan dana untuk Pilkada ini.

 “ Nanti akan ada Permendagri soal pendanaan ini, dan sedang ditunggu, untuk sementara Kita mengacu kepada Permendagri Nomor 57 Tahun 2009,”ujar Ketua KPU Kuansing, Firdaus Oemar, SH saat dikonfirmasi, Senin ( 24/2/2015 ).

Dalam Permendagri ini ujarnya sudah diantisipasi masalah pendanaan Pilkada yang belum sempat teranggarkan khususnya dalam APBD. “ Bunyinya, Pemda harus menyediakan dana Pilkada tanpa persetujuan DPRD terlebih dahulu dan kemudian setelah itu disyahkan di APBD-P jika belum teranggarkan dalam APBD Murni,”ujarnya.

Jadi tegasnya, Pemda dapat mengeluarkan dana untuk kebutuhan untuk Pilkada terlebih dahulu dan baru kemudian disyahkan di APBD-Perubahan. “ Itu amanat Permendagri Nomor 57 Tahun 2009,”ujarnya.

Menurut Firdaus Oemar, sekretaris KPU sudah menjalin komunikasi dengan Sekda dan Asisten III Setda Kuansing soal pendanaan ini. Sedangkan jumlah dana masih disusun oleh Pokja terkait . “ Masalah besarnya dana akan tuntas dalam waktu dekat oleh Pokja dan akan disampaikan ke Pemda Kuansing,”ujarnya.

Ditambahkan Firdaus berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pilkada yang baru disyahkan DPR, sumber pendanaan Pilkada berasal dari APBN dan APBD. Kalau dana APBN nantinya akan digunakan untuk sosialisasi dan kampanye pasangan calon khususnya dana pemasangan spanduk, baliho , illan dimedia cekat.

“ Kalau dulu kan spanduk dan baliho serta jumlah dan lokasi ditentukan pasangan calon. Nantinya mengenai lokasi dan jumlah baliho serta spanduk pasangan calon juga akan ditentukan KPU,’ujarnya.

Diluar itu ujarnya, akan didanai dari APBD , misalnya honor untuk petugas KPU, PPK, PPS, dan KPPS serta Panwaslu serta dana pengamanan Pilkada. “ Begitu juga dengan surat suara dan kerpeluan saat hari H seperti kotak suara, tinta, paku dan ATK,”ujarnya.

Dengan demikian, Firdaus Oemar optimis, Pilkada Kuanisng dapat digelar tahun 2015. “ Kita sekarang tengah menunggu petunjuk teknis dari KPU Pusat dan juga Permendagri soal pendanaan Pilkada untuk mempertegas\nya,”pungkas Firdaus Oemar. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT