Dari 1.100 Batu Akik yang Mendaftar, Batu Daerah Mana Yang akan Juara, Tunggu Besok

Dari 1.100 Batu Akik yang Mendaftar, Batu Daerah Mana Yang akan Juara, Tunggu Besok
Sekretaris Dinas CKTR Kuansing yang juga seniman Kuansing, Drs Mulyadi Harun usai mendaftar. ( ktc )

TELUK KUANTAN –  Peserta yang mendaftar ke panitia pelaksana konteks batu akik yang digagas Dinas Pariwisata Kebudayaan dan  Pemuda Olahraga ( Parudpora ) Kuansing membludak. Hingga masa pendaftaran ditutup, Kamis ( 19/2/2015 )  ada 1.100 buah batu akik yang didaftarkan untuk yang akan bersaing menjadi batu akik terbaik.

Sebelumnya, panitia hanya ménargetkan 300 batu akik. Para peserta berharap baru mereka keluar sebagai juara, dan akan menambah marwah batu yang mereka punyai.

‘ Sampai masa pendaftaran ditutup, ada 1.100 buah batu yang didaftarkan, alhamdulillah luar sekali, tadinya target Kita Cuma 300 buah batu akik,,”ujar Ketua Panpel Kontes Batu Akik Dinas Parudpora Kuanisng, Zulkandra yang dikonfirmasi kuansingterkini.com, Kamis  sore.

Sekarang kata Zulkandra, p;anitia saat ini bersiap untuk menggelar kontes batu akik yang akan dimulai pada pukul 14.00 Jumat ( 20/2/2015 )

 “ Kita tengah berkonsentasi untuk mensukseskan acara, karena ini yang pertama kali secara besar-besaran di Kuansing, dan melihat antusias peserta dan warga, kedepan perlu dilanjutkan,”ujarnya.

Dari data peserta ujarnya, , peserta kontes batu akik Kuansing ini hampir merata dari seluruh Kuansing. Sedangkan dari luar daerah berasal dari Pelalawan, Rengat, Air Molek dan Pekanbaru. “ Dari luar provinsi dari Aceh dan Bukit Tinggi,”ujarnya.

Untuk hadiah lanjut Zulkandra, total hadiah yang akan diperbutkan peserta sebesar Rp. 20 Juta. Mengenai penilaian akan dibagi dalam dua kateori, pertama cincin polos dan bermotif. “ Untuk masing-masing motif tersebut hadiah dari juara 1 sampai dengan 3 ditambah harapan IV sampai harapan VIII. Jadi ada total 16 juara untuk dua motif yang akan diperebutkan,”ujarnya.

“ Untuk hadiah uang tunai , tonggol dan hiburan,” jelasnya.( isa )

Berita Lainnya

Index