Sawit PT. SAR yang dipanen Suku Maharajo Garang Muara Lembu dibongkar di pos Satpam. ( ktc )

Ulayat Diserobot, Suku Maharajo Garang Muara Lembu Panen Sawit PT. SAR

Kamis,19 Februari 2015 - 04:28:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...




TELUK KUANTAN- Kelapa sawit yang dikelola PT. Surya Agrolika Reksa (  SAR ), Rabu ( 16/2/2015 )  dipanen oleh anak dan cucu kemenakan Suku Datuk Maharajo Garang Muara Lembu.

Aksi panen kelapa sawit milik perusahaan ini berlangsung pada pukul 15.00 Wib, dilokasi pola KKPA PT SAR dan lokasi KUD Karya Bakti, Desa Kebun Lado. Informasi dari pihak Polres Kuansing, luas lahan yang dipanen lebih kurang 15 orang Suku Datuk Maharajo Nan Garang diatas lahan  seluas 324 Hektar.

Suku Datuk Maharaho Garang mengaku lahan yang kebun kelapa sawit yang mereka panen tersebut merupakan lahan ulayat Desa Muara Lembu Suku Datuk Maharajo Garang yang belum jelas duduk pangkalnya dikelola oleh perusahaan tersebut.
Namun saat Suku Datuk Maharaho Garang tuntas melakukan aksinya, dan hendak membawa hasil panen,  mereka dihentikan oleh anggota Polsek Singingi dibantu security PT. SAR di salah satu pos pintu masuk perusahaan ini.
Menurut Kapolres Kuansing, AKBP Bayuaji Irawan, S.Ik, melalui Kasubag Humas, Ipda Musabi, Rabu siang kepada kuansingterkini.com, setelah diberhentikan, dihasilkan kesepakatan bersama
“ Salah satunnya permasalahan lahan akan diselesaikan secara musyawarah dan dilanjutkan di tingkat pemerintahan desa yang harus dihadiri oleh pimpinan/wakil PT.SAR serta ketua KUD Karya Bakti dan masyarakat suku Maharajo Garang Muara Lembu dengan difasilitasi camat Singingi," ujar Ipda Musabi.

Namun demikian, katanya,  buah sawit yang sempat hendak dibawa  Suku Datuk Maharaho Garang dibongkar di depan Kantor PT.SAR, Desa Petai Kecamatan Singingi Hilir.

" Usai perundingan, masyarakat telah kembali, situasi sementara dalam keadaan aman dan tertib," pungkas Ipda sabi.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT