Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Sentajo Raya Siap Helat Pacu Jalur Rayon IV

Jumat,05 Februari 2015 | 08:29:00   Dibaca: 2011 kali
Sentajo Raya Siap Helat Pacu Jalur Rayon IV
Ket Foto : Pacu jalur di arena Datuak Simambang Nan Putiah kecamatan Sentajo Raya beberapa waktu lalu. ( ktc )


SENTAJO RAYA  - Pemerintah Kecamatan Sentajo Raya menyatakan kesiapannya menghelat even pacu jalur tradisional rayon IV  tingkat Kabupaten Kuantan Singingi, yang akan dihelat di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah, 10 hingga 12 Agustus mendatang.

"Siap, kita siap melaksanakan pacu jalur rayon IV, tak ada masalah," kata Camat Sentajo Raya, Hazrianto SSos kepada wartawan di Teluk Kuantan, Rabu (4/2/2014) kemarin.

Persiapan pacu jalur rayon IV ini, diakuinya, membutuhkan dukungan semua elemen masyarakat yang ada di Kecamatan Sentajo Raya, dan juga warga Sentajo Raya yang berada di perantauan.

"Pacu jalur adalah tradisi asli masyarakat Kuansing. Nah, karena kita dipercaya untuk melaksanakan pacu jalur rayon IV tahun ini, tentu kita sangat siap untuk menghelatnya," ujarnya.

Berbagai persiapan telah dilakukan pihaknya, seperti arena pacu jalur. Menurutnya, tepian yang digunakan untuk menghelat tradisi tahunan ini sekarang dalam proses persiapan. Apalagi, katanya, tribun hakim dan utusan jalur serta undangan lainnya di arena ini sudah siap untuk digunakan.

Hanya saja, pihaknya perlu menghimbau kepada masyarakat Sentajo Raya untuk tidak melakukan aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) di Sentajo Raya, khususnya di lokasi pacu jalur.

"Kita akan menjadi tuan rumah pelaksanaan pacu jalur rayon IV  tahun ini. Kami berharap lokasinya mari sama-sama kita jaga agar tidak rusak akibat PETI," ujarnya.( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.