Baru 10 Peserta Kontes Batu Akik Daftar ke Panitia

Baru 10 Peserta Kontes Batu Akik Daftar ke Panitia
Batu akin. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Enam belas hari jelang kontes batu akik yang digagas Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Pemuda Olahraga ( Parbudpora ) Kuansing tanggal 20 Februari mendatang baru sepuluh peserta yang mendaftar batu indah mereka ke panitia.
" Baru sepuluh peserta yang daftarkan batu indah, tapi panitia optimis peserta akan membludak, karena biasanya jelang hari H akan banyak yang mendaftar,"ujar Sekretaris Umum Panpel Kontes Batu Indah Parbudpora Kuansing, Zulkandra saat diwawancara wartawan, di kantornya, Rabu ( 4/2/2014 ) siang di kantor Parbudpora Kuansing.
Masih minimnya peserta yang mendaftar dilihat dari pecandu batu indah yang mencapai belasan ribu,  karena dipercaya saat ini mereka tengah mencari batu, menggosok dan merangkai batu indah tersebut agar dapat keluar sebagai pemenang.
" Kami perkirakan saat ini calon peserta tengah mencari batu terbaik dan menjadi cincin yang indah agar dapat menang kontes,"ujarnya.
Menurut Zulkandra, peserta yang menelpon panitia juga sangat banyak, bahkan ada yang dari Jakarta. Mereka mempertanyakan, kriteria dan persyaratan untuk mengikutinya. Oleh sebab itu dirinya optimis, peserta nantinya akan membludak.
Zulkandra juga mengakui saat ini banyak calon peserta yang mempertanyakan kriteria penilaian sehingga mereka dapat bersiap diri lebih baik untuk keluar sebagai pemenang. Namun kriteria tersebut merupakan kewenangan dewan juri.
" Kan sudah ada dewan juri yang profesional dibidanngnya, daftarkan saja dulu,"ujar Zulakndra.
Namun secara umum ujarnya, kriteria penilaian keindahan batu dan keserasian antara batu bahan pengikat. " Mengenai jenis batu tak dijadikan faktor utama namun keindahan dan keserasian itu,"ujarnya.
Zulkandra juga menegaskan yang akan dinilai batu indah yang didaftarkan peserta bukan hanya dari Kuansing semata, karena akan sulit untuk menentukan asal suatu batu indah dari Kuansing atau tidak, yang jelas tentu diberi nama.
Untuk kriteria penilaian selengkapnya ungkap Zulkandra akan disampaikan dewan juri. " Kami sudah bertemu beberapa kali untuk membahas kriteria penilaian ini,"pungkasnya.( isa )

Berita Lainnya

Index