Tampak jemaah haji yang datang disambut pelukan haru keluarga yang menjemput. ( isa )

Keharuan Sambut Kedatangan 212 Jemaah Haji Kuansing

Sabtu,16 November 2012 - 05:33:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - 212 jemaah haji asal Kuansing, Jumat ( 16/11 ) siang sekitar pukul 14.00 tiba di kampung halaman. Kedatangan ratusan tamu Allah ini disambut Bupati  Sukarmis diwakili Asisten II Setda H Marduyut, SE di Halaman Mesjid Agung Kuansing di kawasan Senambek Kelurahan Sungai Jering Teluk Kuantan. Tampak mendampingi Asisten III Pabung Kodim Inhu, Mayor ( Inf ) Rio Purwantoro.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini penyambutan dilakukan dengan sangat sederhana. Asisten II hanya menyambut dan menyalami jemaah haji yang turun dari bus yang diatur satu persatu oleh panitia ditempat penyambutan. Setelah jemaah turun dan disalami oleh Asisten II dan pejabat lainnya, mereka kemudian diarak ke dalam Mesjid Agung untuk menikmati jedah dan melaksanakakan sholat sunat.
Namun karena tak ada acara penyambutan seperti biasanya yang berulang kali disampaikan panitia melalui pengeras suara, membuat jemaah haji dan keluarga yang menjemput langsung pulang dan pergi ke kantor Kemenag untk mengurusi barang-barang lainnya. Setelah itu mereka kembali menuju ke rumah masing-masing. Karena di rumah sebagian jemaah haji ini juga dilaksanakan doa selamat datang setelah menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekka Al Mukarahmah.
Biasanya setelah turun dari bus, para jemaah haji kemudian diarahkan ke dalam mesjid dan dilaksaakan penyambutan secara resmi. Saat itu ketua rombongan akan memaparkan kondisi jemaah selama berada di tanah suci dan perjalanan menuju dan pulang dari tanah suci mekah. Kemudian dilanjutkan dengan pidato Kakan Kemenag serta sambutan Bupati dan salam-salaman lalu JH diserahkan kembali kepada keluarga masing-masing.
 " Alhamdullillah 212 jemaah haji asal Kuansing kembali dengan selamat, penyambutan memang dilakukan sederhana,"ujar Koordinator Rombongan Haji Kuansing, Muhammad Refendi Zukman.
Walaupun penyambutan dilakukan secara sederhana namun sejak pagi para keluarga JH sudah mendatangi mesjid agung Kuansing, bahkan mereka tambah banyak saat sholat Jumat. Karena itu pada saat sholat Jumat kemaren terlihat banyak kaum perempuan yang sedang berada di mesjid ini. Kedatangan keluarga dan penjemput semakin ramai menjelang kedatangan JH sekitar pukul 14.00.
Begitu ada pemberitahan dari panitia bahwa rombongan sudah berada di Jake ( gerbang kota ), keluarga dan para penjemput langsung mendekatai kedatangan bus. Saat melihat keluarga mereka tiba, banyak yang berteriak dan menangis haru. Apalagi saat JH sudah keuar dan langsung berpelukan dan bersalaman dengan anggota keluarga, banyak yang tak kuasa menahan keharuan dan menitikkan air mata.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT