Pemkab Kuansing Alokasikan Bantuan Bagi 4.065 Jompo

Pemkab Kuansing Alokasikan Bantuan Bagi 4.065 Jompo

TELUK KUANTAN - Tahun 2015 ini, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi kembali mengalokasikan bantuan dana bagi orang tua
jompo. Tahun ini jumlahnya mencapai 4.065 orang. Hal tersebut dikatakan Bupati Kuansing H Sukarmis saat bincang-bincang
dengan wartawan, Selasa ( 20/1/2015) di kantor Bupati.

Dikatakan Bupati, setiap hari orang tua jompo tersebut diberikan dana Rp 3,000, -, dan dibagikan sekali setahun, Jadi setiap kali menerima, masing-masing orang tua jompo tersebut menerima Rp.1.095.000,-. Dengan demikian tahun ini Pemkab Kuansing
mengalokasikan dana lebih kurang Rp 4 Milyar.

Di Indonesia sebut Sukarmis, mungkin hanya Kuansing yang mengalokasikan dana bagi orang tua jompo tersebut. " Tidak ada duanya di Indonesia, bentuk perhatian Kita kepada masyarakat Kita dan orang tua Kita yang tidak lagi produktif,"ujarnya.

Menurut Sukarmis, untuk efektifitas penyaluran dana bagi orang tua jompo, Pemkab Kuansing juga membuat sejumlah kriteria. Salah satunya memang tidak ada lagi orang yang merawat orang tua jompo tersebut atau berasal dari keluarga yang memang tidak mampu. " Kita tidak ingin orang tua jompo Kita masih memikirkan masalah makan sehari-hari disaat usia senja,"sambungnya.

Disamping itu bantuan dari pemerintah daerah ini juga dapat meringankan beban keluarga yang merawat orang tua jompo tersebut. "Minimal keluarga yang sedang merawat orang tua jompo tersebut terbantu karena pemeirntah daerah telah membantu orang tua jompo ini,"ujarnya.

Menurutnya, bantuan untuk orang tua jompo sudah disalurkan sejak tahun 2007 yang lalu, dan masih berlanjut sampai saat ini. Mengenai jumlah penerima tergantung hasil verifikasi dan laporan kepala desa kepada pemerintah kabupaten.(Utr)

Berita Lainnya

Index