Ingin Suasana Baru, Nikmati Sensasi Tiga Buah Air Terjun di kecamatan Singingi

Ingin Suasana Baru, Nikmati Sensasi Tiga Buah Air Terjun di kecamatan Singingi
Air terjun Hulu Lembu di kecamatan Singingi . ( ktc )


TELUK KUANTAN - Selain Kuantan Mudik dan Hulu Kuantan, kecamatan Singingi juga memiliki objek wisata yang berpotensi menjadikan kawasan ini sebagai kawasan tujuan wisata unggulan di Kuansing dan Riau apalagi kecamatanini dekat dengan kota-kota besar seperti Pekanbaru, Pangkalan Kerinci dan Bangkinang yang merupakan kota perdagangan dan ekonomi, dimana warganya membutuhkan kawasan objek wisata baru untuk berpetualang dan rekreasi.
Salah satu objek wisata yang terdapat dikawasan ini yakni air terjun, bahkan jumlah air terjun yang ada di kecamatan tersebut sebanyak tiga buah. Sebelum mencapai kawasan tiga air terjun tersebut, para pengunjung juga akan menikmati perjalanan yang menantang dan kawasan hutan yang masih asri.
Alam yang menantang yang akan dijumpai berupa areal perbukitan dan sangat menarik jika menuju kawasan tersebut menggunakan sepeda motor. Disepanjang menuju arena air terjun tersebut juga terdapat sungai yang potensial menjadi arena arung jeram untuk mereka yang suka berpetualang.
Menurut tokoh pemuda kecamatan Singingi Sisrianto DN, Selasa ( 6/1/2014 ) tiga objek wisata air terjun yang terdapat di kecamatan Singingi masing-masing air terjun Hulu Lembu, air terjun Gemuruh dan air terjun Sikonda.
Air terjun Hulu Lembu ujarnya berada di kelurahan Muara Lembu atau jalan lintas Pekanbaru -  Teluk Kuantan. Dari Muara Lembu menuju air terjun ini dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dengan kenderaan roda dua dan roda empat dan 15 menit jalan kaki.
" Rute yang dilewati kelurahan Muara Lembu, desa Pulau Padang, Sumacang, Timban, Gunung Balai, perkebunan sawit, jalan simpang Pangkalan Indarung - Logas belok kanan arah Pangkalan Indarung jalan via Logas, parkir dekat jembatan putus jalan ke Pangkalan via Logas, parkir motor dan jalan sekitar 20 menit sampai ke lokasi air terjun Hulu Lembu,"ujarnya.
Sedangkan air air terjun Sungai Gemuruh terdapat di desa Pulau Padang. Menurutnya, jarak tempuh dari Kelurahan Muara Lembu ibukota kecamatan Singingi selama 45 menit naik motor. " Rute yang dilaluji desa Pulau Padang,  Sumacang, belok kanan masuk hutan, kebun sawit sampai di lokasi air terjun,"ujarnya.
Kemudian air terjun Sikonda, terletak di desa Pangkalan Indarung. Katanya, rute yang dilalui kelurahan Muara Lembu, desa Pulau Padang, dan desa Pangkalan Indarung. " Air terjun berada sebelum desa Pangkalan sebelum jembatan Sungai Namo, belok kiri. Honda sampai bukit, lalu menurun 10 menit maka akan terdapat air terjun Sikonda dua tingkat,"ujarnya.
Kadis Pariwisata Kebudayaan dan Pemuda Olahraga Kuansing, Marwan, S.Pd, MM, Selasa sore mengakui objek wisata tiga air terjun di Singingi sudah terdata dan berpotensi menjadi objek wisata unggulan. Namun saat ini Dinas Parbudpora, masih memfokuskan ke objek wisata unggulan seperti airu terjun Guruh Gemurai di desa Kasang kecamatan Kuantan Mudik dan air terjun tujuh tingkat Batang Koban di kecamatan Hulu Kuantan.
" Untuk objek wisata air terjun di Singingi belum dibenahi karena masih fokus air terjun yang sudah dikembangkan seperti air terjun Guruh Gemurai dan Batang Koban,"pungkasnya. (  isa )

Berita Lainnya

Index