Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Pacu Jalur 2015, 10 Negara akan Berpartisipasi

Jumat,02 Januari 2015 | 10:12:00   Dibaca: 8353 kali
Pacu Jalur 2015, 10 Negara akan Berpartisipasi
Ket Foto : Pacu Jalur. ( ktc )

TELUK KUANTAN  - Tahun 2015 ini, 10 negara akan berpartisipasi pada even pacu jalur yang dihelat di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Agus mendatang.

 "Tahun ini, pacu jalur kita bertaraf internasional, sebanyak sepuluh negara akan berpartisipasi," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kuansing Marwan SPd MM melalui Sekretaris Drs Yulizar Musri MM kepada wartawan, baru-baru ini. Karena diikuti 10 negara, katanya, pacu jalur akan menjadi agenda Pemerintah Provinsi Riau, sehingga alokasi dana menghadirkan negara-negara tersebut menjadi kewenangan provinsi. "Pelaksanaan pacu jalur kita sudah melibatkan negara luar, dananya berada di provinsi," katanya. Kendati demikian, terkait pacu jalur tahun 2015 yang sudah menginternasional ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Riau, seperti keikutsertaan negara-negara tersebut dalam even pacu jalur.

"Nanti kita bicarakan dengan provinsi soal keikutsertaan negara-negara itu dalam pacu jalur," katanya.

Dari perencanaan, ujar Yulizar, perwakilan 10 negara ini akan diikutkan sebelum pelaksanaan pacu jalur tradisional dihelat. "Kita kan punya dua jalur, itu aja nanti kita perbaiki untuk negara-negara tersebut," ujarnya.

Selain ikut serta pada even pacu jalur ini, perwakilan 10 negara ini akan diinapkan di Kuansing. Pasalnya, mereka akan diajak melihat obyek wisata di Kuansing, seperti melihat Silat Pangean di Pembatang dan ke Air Terjun Guruh Gemurai.

"Itu konsep dari provinsi," kata Yulizar.

Selain Pemprov Riau yang berpartisipasi dalam melestarikan tradisi yang menjadi aset budaya nasional ini, pihaknya di daerah tentu akan terlibat langsung dalam pelaksanaan pacu jalur tradisional ini.

 "Kita sama-sama nanti dengan provinsi, karena pacu jalur kan ada nilai tradisinya," katanya.

Parbudpora Kuansing sebutnya mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Riau yang mendukung pelestarian pacu jalur. Menurutnya, Pemprov Riau telah menepati janjinya untuk menghadirkan negara-negara tetangga menyaksikan pacu jalur tradisional di Kuansing. "Pacu jalur harus terus kita promosikan, sehingga semakin dikenal, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dengan kehadiran 10 negara itu nantinya membuat daerah kita semakin dikenal dengan pacu jalur," pungkasnya. ( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.