Presiden Jokowi Diharapkan Bisa Buka Pacu Jalur 2015

Presiden Jokowi Diharapkan  Bisa Buka Pacu Jalur 2015
Presiden RI, Ir H Joko Widodo. ( ktc )


TELUK KUANTAN  - Presiden RI, Ir H Joko Widodo diharapkan bisa hadir membuka dan menyaksikan langsung even pacu jalur tradisional tingkat nasional yang dihelat setiap tahunnya di Tepian Narosa Teluk Kuantan.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Kuansing H Sukarmis. Orang nomor satu Kuansing ini berharap sisa dua tahun masa kepemimpinannyabisa menghadirkan Presiden RI untuk membuka pacu jalur di Kuansing.

"Mudah-mudahan bupati baru nanti bisa undang Presiden, Pak Jokowi, untuk menyaksikan pacu jalur," kata Bupati Sukarmis saat menyampaikan sambutan saat melayur jalur di Desa Pauh Angit Pangean, belum lama ini.

Menurutnya, pacu jalur menghadirkan ratusan ribu bahkan jutaan manusia dari desa, daerah, dan negara. Bahkan dirinya memastikan, bahwa pacu jalur ini disaksikan oleh manusia terbanyak nomor dua di dunia setelah ibadah haji di Mekkah.

Atas rayuan itu, diakui Sukarmis, dirinya bisa menghadirkan Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla membuka even pacu jalur di Kuansing, sekitar tahun 2006 silam, diawal kepemimpinanya di negeri jalur ini.

"Saya yang bilang ke Pak Jusuf Kalla waktu itu, bahwa pacu jalur disaksikan manusia terbanyak kedua di dunia, nomor satu waktu menunaikan ibadah haji. Nah, waktu disaksikannya pacu jalur, Pak Wapres pun mengakui ramainya warga menyaksikan pacu jalur," ungkapnya.

Dan dirinya menekankan, setiap manusia yang menyaksikan pacu jalur ini hadir tanpa diundang. "Pada waktu itu, saya meyakinkan Pak Jusuf Kalla; semua yang hadir ini tanpa diundang. Dan ini menambah kaget beliau," ujar Sukarmis mengisahkan.

Kedepan, dirinya berharap, pacu jalur yang merupakan tradisi asli masyarakat Kuansing harus dilestarikan. Tentu dengan dihadiri oleh Presiden RI, pacu jalur akan semakin dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia, bahkan dunia.

"Mudah-mudahan Pak Jokowi bisa hadir ke Kuansing untuk menyaksikan secara langsung tradisi pacu jalur yang menjadi kebanggaan kita semua," katanya.( isa)

Berita Lainnya

Index