Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Dishut Tanam Pohon 1.500 Batang di Arena Pacu Jalur Sentajo Raya

Jumat,05 Desember 2014 | 05:06:00   Dibaca: 1165 kali
Dishut Tanam Pohon 1.500 Batang di Arena Pacu Jalur Sentajo Raya
Ket Foto : Arena Pacu Jalur Datuak Simambang Nan Putiah desa Pulau Komang kecamatan Sentajo Raya. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Bersempena Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tingkat Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) Tahun 2014, Dinas Kehutanan  akan melakukan penanaman pohon sebanyak 1.500 batang di sekitar arena Tepian Pacu Jalur, di desa Pulau Komang Kecamatan Sentajo Raya .


Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kehutanan Kuansing, Dr. Agusmandar, S.Sos, M.Si kepada wartawan, Rabu ( 3/12/2014 ) yang lalu. Penanaman dilakukan karena arena tersebut sangat membutuhkan penghijauan agar terlihat asri dan indah serta sejuk.

“ Makanya agar asri dan sejuk, dilakukan penanaman pohon di areal pacu jalur ini yang memiliki panjang sekitar 1 kilometer,”ujar Agus Mandar.


Jenis pohon yang akan ditanam sebutnya pohon ketapang, matoa, dan pohon jenis untuk kayu jalur yakni pohon medang, balam dan meranti serta di tambah dengan jenis ekalyptus.

"Untuk jenis pohon medang, balam dan meranti karena saat ini kayu jalur sangat sulit didapatkan, makanya sangat perlu ditanam kembali agar tidak menjadi langka," jelasnya.

Penanaman pohon di arena pacu jalur Datuak Simambang Nan Putiah tersebut ujarnya merupakan yang ketiga kali. Sebelumnya  penanaman dilakukan di arena pacu jalur di Cerenti dan arena Lubuak Sobae Baserah di kecamatan Kuantan Hilir.

Menurutnya, penghijauan arena pacu jalur seperti di Baserah dan Sentajo Raya memang sangat dibutuhkan, mengingat sebagian arena tidak terdapat pohon pelindung. Karena itu kehadiran pohon-pohon itu nantinya memiliki fungsi yang banyak.

Diantara fungsinya ujar Agus Mandar, sebagai pelindung bagi warga yang akan menonton pacu jalur di arena tersebut. Kedua menghindari abrasi yang sering kali mengancam  tebing sungai disepanjang sungai Kuantan.

“ Untuk itu Kita minta warga dan komponen pemerintah kecamatan dan desa untuk membantu memelihara dan merawat pohon-pohon yang sudah ditanam nantinya,”ujar Agus Mandar mengakhiri. ( mad )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.